Ingat! Hari Ini Hanya Mobil Berpelat Ganjil Bisa Melintas di Gage Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 08:34 WIB
Peraturan Ganjil Genap Terbaru Jakarta, Kini Hanya Pagi dan Sore
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro Jaya menerapkan ganjil genap di 3 ruas jalan di Jakarta. Ganjil genap berlaku pada pagi dan sore hari.

Kebijakan baru ganjil genap Jakarta ini baru diterapkan pada Senin (18/10/2021) kemarin. Hari ini, Selasa (19/10) kendaraan yang bisa melintas di jam pagi dan sore hanya kendaraan berpelat nomor ganjil.

Ganjil genap Jakarta tidak lagi dilakukan sepanjang hari namun hanya pagi dan sore. Selain itu, kebijakan ganjil genap Jakarta juga tidak berlaku setiap hari.

Jam Ganjil Genap Jakarta Hari Ini

Polda Metro Jaya melakukan penyesuaian aturan terkait ganjil genap di Jakarta. Jika sebelumnya berlaku seharian, kini kebijakan ganjil genap Jakarta dibagi menjadi 2 sesi, yaitu pagi dan sore.

Adapun jam ganjil genap Jakarta hari ini adalah sebagai berikut:

Pagi: 06.00 WIB sampai 10.00 WIB
Sore:16.00 WIB sampai 20.00 WIB


Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pengaturan ganjil genap mengacu pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta (Pergub). Ganjil genap kini tidak berlaku setiap hari, namun hanya berlaku setiap Senin hingga Jumat.

"Jadi kita kembalikan kepada peraturan gubernur bahwa ganjil genap hanya berlaku di hari Senin-Jumat. Untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional ganjil genap tidak berlaku," ujar Kombes Sambodo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Ganjil Genap Jakarta Diterapkan di 3 Titik

Pemberlakuan ganjil genap Jakarta dilakukan di 3 titik. Yakni Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, dan Jalan Rasuna Said kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Terkait jalur gage memang sudah ada Pergub yang menyatakan bahwa ada 25 kawasan gage di Jakarta. Yang saat ini baru kita aktifkan 3 kawasan (yakni) Sudirman, Tamrin dan Jalan Kuningan," katanya.

Lihat juga Video: Gage di Kawasan Ancol, Sejumlah Pengunjung Terpaksa Putar Balik

[Gambas:Video 20detik]



(lir/mei)