Mobil Tergelincir hingga Terbalik di Tol Cijago Saat Hujan Deras Pagi Tadi

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 18:37 WIB
Mobil terbalik di Tol Cijago
Mobil terbalik di Tol Cijago (Dok. Instagram/@infodepok24)
Jakarta -

Sebuah foto memuat adanya peristiwa kecelakaan di ruas Tol Cijago, Depok. Mobil yang terlibat kecelakaan tampak dalam posisi terbalik.

Mobil itu terbalik di ruas jalan dengan kondisi guyuran hujan yang deras. Keterangan dalam foto itu menyebut kecelakaan terjadi akibat adanya aquaplaning.

Lalu, apa yang disebut dengan aquaplaning? Istilah itu kerap dipakai di dunia otomotif. Aquaplaning atau hydroplaning adalah suatu keadaan ketika ban tidak mendapat daya cengkeram akibat genangan air. Jadi seolah-olah ban berputar di atas genangan air.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kanit Laka Lantas Polrestro Depok AKP Rasman mengatakan peristiwa kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Dia menyebut peristiwa itu merupakan kecelakaan tunggal.

"Kecelakaan tunggal, korban tidak ada. Pengemudi inisial DM (34), karyawan swasta," ujar Rasman saat dihubungi, Senin (18/10/2021).

Kecelakaan tersebut berawal ketika sopir kehilangan kendali atas kendaraannya. Rasman tidak menjawab saat ditanya apakah kecelakaan tersebut akibat aquaplaning. Namun ia menyebut kendaraan tergelincir akibat hujan deras.

"Akibat cuaca hujan dan tidak konsentrasi dalam mengemudikan kendaraannya," terang Rasman.

Mobil korban kemudian menabrak besi pembatas. Setelah menabrak besi pembatas, mobil kemudian berakhir dalam posisi terbalik.

"Ini kecelakaan tunggal. Mobil tergelincir dan menabrak guard rail hingga mobilnya terguling," ungkap Rasman.

(ygs/mea)