detikcom Do Your Magic

Hujan Seharian, Tanggul Karung-Kayu Hek Kramat Jati Menahan Luapan Kali

Firda Cynthia - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 18:05 WIB
Jl Raya Bogor Kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur tidak tergenang meski diguyur hujan. Tanggul sementara berhasil menahan luapan air.
Jl Raya Bogor Kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur tidak kebanjiran meski diguyur hujan. (Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

Hujan melanda Kawasan Hek, Karamat Jati, Jakarta Timur, dan kawasan hulu Kali Baru. Namun tak terjadi genangan di Jl Raya Bogor, seperti tiga minggu lalu.

Tanggul sementara dari karung pasir, mampu menahan aliran air Kali Baru sehingga tak meluap ke jalanan. Padahal hujan hampir seharian mengguyur wilayah tersebut pada Senin (18/10/2021) hingga sore hari.

Romy (45), pemilik toko Muara Jaya Advertising, mengatakan, saat tanggul kali jebol, air kali menembus dari bawah keramik di bagian belakang tokonya dan mengalir deras sampai ke jalan raya.

"Nggak (jebol) sih. Paling cuma sedikit aja, air masuk dari bawah-bawah karung, sedikit aja. Udah ketutup," kata Romy saat ditemui detikcom di Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Lumayanlah, dibanding yang dulu kan airnya gede banget karena jebol. Sampai ke jalan raya, karena kan tanggulnya itu jebol," sambungnya.

Romy menuturkan bahwa tanggul kali jebol yang membanjiri tokonya berlangsung selama dua pekan berturut-turut pada pertengahan September lalu. Kemudian, lanjut Romy, pihak Kelurahan Kramat Jati menambal toko miliknya dengan karung-karung pasir untuk menanggulangi banjir pada Jumat (1/10/2021).

"Kata orang kelurahan untuk sementara pakai karung pasir dulu," ujarnya.

Meskipun begitu, ia mengatakan masih merasa khawatir apabila tanggul kali kembali jebol sewaktu-waktu. Pasalnya, kata Romy, banyak barang-barang elektronik di toko cetak miliknya.

"Kalau banjir kita mau kerja juga jadi waswas. Takut nyetrum, takut apa, ya, kan. Apalagi ini kan barang-barang elektronik," katanya.

Jl Raya Bogor, di Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur, terendam.Jl Raya Bogor, di Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur, terendam. (Dok. Pasangmata)

Pantauan detikcom pada Senin (18/10/2021), aliran air di Kali Baru tampak cukup deras, tetapi airnya tak sampai meluap. Kondisi tanggul sementara yang terbuat dari susunan kayu dan karung-karung pasir terlihat masih mampu menahan aliran air kali itu.

Cuaca hujan seharian juga membuat situasi lalu lintas di Jalan Raya Bogor di pertigaan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, menjadi padat. Tampak kendaraan bergerak merayap karena jalanan aspal basah dan ada genangan air di beberapa titik.

Sebelumnya, pada Selasa (28/10) pagi, dilaporkan terjadi genangan di Jl Raya Bogor, kawasan Hek. Disebut penyebabnya adalah luapan air Kali Baru.

"Kalibaru di Hek lebih tinggi daripada jalan. Jadi kalau air dari Bogor, itu hujan kiriman, pagi-pagi (tergenang)," kata salah satu pengendara di lokasi, Jumadi, Selasa (28/10).

(aik/aik)