Polda Metro Sikat Jaringan Pengedar 1,37 Ton Ganja Asal Sumatera!

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 16:08 WIB
Polda Metro Tangkap 12 Orang Pengedar 1,37 Ton Ganja
Polda Metro Tangkap 12 Orang Pengedar 1,37 Ton Ganja (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Jajaran Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya berhasil membongkar sindikat peredaran narkoba. Total ada 1,37 ton narkoba jenis ganja yang dapat digagalkan polisi.

"Di hadapan kita tersaji barang bukti hasil pengungkapan narkotika jenis ganja. Ini ada sebanyak 1,37 ton dari jaringan Jakarta, Medan, dan Aceh," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/10/2021).

Fadil mengatakan konsumen narkotika di Jakarta memang tergolong tinggi. Atas dasar itu, berbagai macam cara dilakukan para pengedar untuk mengedarkan barang haram itu di Ibu Kota.

Dari penangkapan masif ini sejumlah pelaku turut ditangkap polisi. Total ada 12 pelaku yang ditangkap polisi dari sejumlah lokasi.

"Ada 12 tersangka yang berhasil ditangkap dan 6 masih berstatus DPO dari jaringan ini. Kita akan terus dilakukan pengejaran oleh anggota," terang Fadil.

Polda Metro Tangkap 12 Orang Pengedar 1,37 Ton GanjaPolda Metro Tangkap 12 Orang Pengedar 1,37 Ton Ganja (Yogi Ernes/detikcom)

Pelaku Ditangkap di Jakarta-Aceh

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menambahkan, 12 tersangka ini ditangkap dari empat lokasi yang berbeda mulai dari Tangsel, Tambora, Jakarta Barat, Aceh, hingga jalur lintas Sumatera.

Salah satu tersangka diketahui berstatus residivis yang baru keluar dari penjara dengan kasus serupa. Polisi kini mendalami kemungkinan jaringan lebih luas dari sindikat tersebut.

"Kalau dihitung ada 1,5 juta generasi muda kami amankan dari barang haram ini. Ini tidak berhenti sampai sini. Kami kembangkan terus karena biasa mereka terus bermain karena kalau landai mereka main lagi dari lintas Sumatera ke Jawa," ujar Yusri.

Simak di halaman selanjutnya soal kronologi pengungkapan kasus ganja.