Resmikan Parkir Nontunai, Bobby Minta Jukir di Medan Tak Lagi Jadi 'Ninja'

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 14:55 WIB
Bobby resmikan parkir nontunai di Medan (Datuk-detikcom)
Bobby meresmikan parkir nontunai di Medan. (Datuk/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, meresmikan penerapan parkir nontunai di Medan. Pembayaran parkir di sejumlah titik di Medan tak lagi memakai uang tunai.

Peresmian parkir nontunai itu dilakukan di Jalan Zainul Arifin, Medan, Senin (18/10/2021). Bobby mengatakan penerapan parkir nontunai tak akan menghilangkan pekerjaan juru parkir.

Dia menyebut perbedaan hanya terdapat pada sistem pengutipan uang parkir. Dia mengatakan para juru parkir Pemko Medan bakal tetap bertugas mengutip pembayaran parkir nontunai dari warga.

"Saya sampaikan e-parking yang dilaksanakan Pemko Medan, ini bukan pengelolaan parkir, untuk mengelola parkir di Kota Medan namun ini pengelolaan atau pemungutannya saja, pemungutan parkirnya," ucap Bobby.

"Kami menyampaikan di sini seluruh jukir yang ada di Kota Medan ini tetap kami berdayakan. Seluruh jukir yang ada di Kota Medan. Tetap kita diskusi, kita ajak diskusi kita ajak bergabung dalam memberlakukan e-parking," ucap Bobby Nasution.

Dia menyebut tetap ada juru parkir yang bertugas mengutip pembayaran dengan alat yang telah disiapkan. Nantinya, pemilik kendaraan diminta memindai atau menempelkan kartu uang elektronik ke alat yang dipegang juru parkir.

"Kami sampaikan, e-parking ini sistem pembayaran kepada masyarakat yang tetap melibatkan petugas parkir. Jadi bukan seperti yang ada di tol, tidak ada lagi petugasnya. Nah, di sini pemko masih menggunakan jukir sebagai tenaga untuk melakukan pengutipan parkir pada masyarakat," ujar Bobby.

Bobby mengatakan selama ini masyarakat menyebut jukir di Medan seperti ninja. Para juru parkir hanya terlihat sewaktu hendak membayar parkir.

"Karena apa, karena yang kita rasakan, yang kita dengarkan dari masyarakat kadang-kadang jukir kita banyak jukir ninja, datang tak terlihat, pulangnya nampak," ucap Bobby.

Dia meminta para juru parkir tak lagi bekerja seperti ninja. Dia meminta para juru parkir memberi pelayanan yang baik ke warga.

"Saya pesankan, pada Dishub, teman-teman jukir ini pelayanan seperti ini harus bisa kita berikan yang terbaik. Jangan ada lagi komen dari masyarakat jukirnya ninja. Hal-hal seperti ini bukan hanya untuk meningkatkan PAD namun pelayanan juga dipikirkan," sebut Bobby.

Lihat juga video 'Ada Aduan Pungli Jutaan di Kelurahan, Bobby Langsung Sidak':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.