Golkar Siapkan Kejutan Capai Target Pemenang Pemilu 2024

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 14:05 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga
Jerry Sambuaga (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta -

Partai Golkar akan merayakan HUT ke-57 besok. Golkar yang punya target besar di Pemilu 2024, punya kejutan untuk mencapainya.

Ketua Panitia Penyelenggara HUT ke-57 Golkar sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Jerry Sambuaga, menyebut dirinya saat ini belum bisa membeberkan secara detail kejutan apa yang akan disiapkan Golkar untuk pencapaian tersebut.

"Tentunya kejutannya tidak bisa katakan sekarang lagi," kata Jerry di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin (18/10/2021).

Jerry menerangkan, Golkar sendiri menargetkan 60% kemenangan pada ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan 20% kursi di ajang Pemilihan Legislatif (Pileg). Selain itu, Golkar berambisi agar kadernya dapat ikut serta dalam memenangi pemilihan presiden (pilpres).

"Intinya pilpres, pilkada, pileg itu kan agenda-agenda politik terdekat kedepan. Target pilkada di atas 60%, lalu pileg di atas 20%, dan pilpres kita punya semangat untuk menang," ujar Jerry.

Selain itu, Jerry menyebut Golkar berpeluang membuka koalisi terhadap sejumlah partai-partai lain termasuk eks kader Golkar yang kini telah hengkang. Dia menilai Golkar merupakan partai politik yang menjunjung rasa keterbukaan.

"Kalau soal nanti ditanya soal koalisi itu kita pada prinsipnya kita open saja ya. kita pada prinsipnya partai Golkar kan selalu mengedepankan keterbukaan dari dulu," ungkapnya.

"Intinya kita terbuka walaupun pokoknya intinya sesuatu yang baik dan positif 'why not'," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar sudah bertekad mengulangi kemenangan Pemilu 2004. Sejumlah petinggi Golkar hingga akademisi menyampaikan cerita dan pandangannya agar Golkar mantap menyongsong 2024.

Mantan Ketua Umum Golkar yang kini menjabat Ketua Dewan Pengarah Partai Golkar, Akbar Tanjung, memberikan sejumlah pesan kepada seluruh kader Partai Golkar jelang Pemilu 2024. Akbar Tanjung yakin jika kader Partai Golkar sungguh-sungguh menjelang Pemilu 2024, Golkar dan Ketum Airlangga Hartarto akan menjadi pemenang.

"Ini semua membuat menjadi confident, kepercayaan diri kita, bahwa menyongsong Pemilu 2024 kita harus mempersiapkan diri dengan lebih sungguh dengan harapan, kalau pada tahun 2004 kita pernah jadi pemenang, insyaallah tahun 2024, 20 tahun kemudian kita juga bisa menjadi pemenang," kata Akbar Tanjung dalam seminar daring nasional 'Dua Dasawarsa Kemenangan Golkar 2004-2024', Sabtu (16/10/2021).

Partai berlambang pohon beringin itu, kata Akbar Tanjung, harus bertekad untuk menang di Pemilu 2024. Akbar pun mengatakan dirinya masih berkeliling Indonesia untuk mengingatkan kader Golkar sungguh-sungguh memenangkan Golkar di 2024.

"Itulah yang menjadi tekad kita bersama dan semangat itu, saya sebagai Ketua Dewan Kehormatan, untuk menyiapkan program-program yang saya lakukan kunjungan ke berbagai wilayah Tanah Air kita, ke seluruh provinsi Tanah Air, agar seluruh jajaran Partai Golkar mempersiapkan diri sungguh-sungguh," ujarnya.

(rak/gbr)