Pekanbaru Panas Menyengat hingga 35 Derajat Celsius, Ini Pemicunya

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 11:49 WIB
Ilustrasi gambar suhu panas
Foto: Thinkstock
Pekanbaru -

Cuaca di Pekanbaru terasa panas terik sejak beberapa hari terakhir. Sejumlah warga mengeluhkan panas terasa menyengat ke kulit jika beraktivitas tanpa jaket di luar rumah.

"Sudah sejak minggu lalu panas terik. Ini kalau tidak pakai jaket terasa menyengat," kata salah satu warga, Delima, di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Senin (18/10/2021).

Delima mengatakan dirinya memilih mengurangi aktivitas di luar rumah. Jika keluar, dia mengaku harus memakai jaket agar panas matahari tidak terasa menyengat ke tubuh.

"Jarang keluar, kalau keluar pakai jaket. Kalau tidak aduh, panas terasa di kulit," katanya.

BMKG Pekanbaru mengatakan suhu di Pekanbaru berada di angka 33-35,5 derajat Celsius.

"Secara umum, cuaca di Riau beberapa hari yang lalu memang cukup panas terik. Suhu berkisar 33-35,5 derajat Celsius," ujar analis BMKG Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo.

Agus mengatakan cuaca panas terik ini dipicu tekanan rendah dari Laut China Selatan. Menurutnya, kondisi tersebut menarik massa udara di wilayah Riau.

"Penyebab utamanya adalah ada pusat tekanan rendah di Laut China Selatan sehingga menarik massa udara di wilayah Riau menuju ke titik tersebut," kata Agus.

Akibatnya, uap air pembentuk awan hujan berkurang. Dia mengatakan kondisi cuaca seperti itu masuk kategori normal.

"Namun untuk akhir-akhir ini pusat tekanan rendah sudah melemah dan hari ini potensi hujan juga cukup baik. Fenomena anomali cuaca seperti ini masih dikategorikan wajar dan normal," katanya.

Simak juga Video: Anggota Ormas Ngamuk di RS Gegara Hasil Tes Swab

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)