Crane Roboh Timpa Rumah di Depok Belum Dievakuasi

Firda Cynthia - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 11:00 WIB
Crane Roboh Timpa Rumah di Depok Belum Dievakuasi
Crane roboh yang menimpa rumah di Depok belum dievakuasi. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Crane di area proyek menara PDAM yang roboh menimpa dua rumah warga di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Depok, Jawa Barat, belum dievakuasi. Rumah yang tertimpa kini digaris polisi.

Pantauan di lokasi, Minggu (17/10/2021), tampak crane tersebut belum berubah posisi sejak peristiwa terjadi. Rumah dan gang di samping reruntuhan rumah warga itu digaris polisi.

Area proyek menara PDAM juga telah ditutupi terpal plastik. Garis polisi terbentang mengelilingi area proyek lokasi crane terguling.

Salah satu warga, Iman (56), mengaku masih terkejut atas kejadian itu. Pasalnya, dia menyaksikan crane itu terguling saat sedang di depan rumahnya yang tak jauh dari area proyek.

"Masih kaget. Dengan adanya kejadian ini, kita semakin takut. Kami berada di sekitar sini semakin takut, karena berarti pekerjaan ini kan membahayakan," kata Iman.

Saat kejadian, dia juga langsung mendatangi rumah warga yang menjadi korban reruntuhan saat crane roboh. Dia menjadi saksi mata ketika dua orang tetangganya mengalami luka-luka di kepala.

"Di rumah korban yang ini, saya lihat secara langsung Pak Jaidar kepalanya udah berlumuran darah. Samping rumahnya juga, Pak Asnel juga berlumuran darah dari kepalanya," ujar Iman.

Menurutnya, proyek perobohan menara air milik PDAM itu telah lama dikhawatirkan warga karena berada di tengah-tengah permukiman. Bahkan, kata Iman, dirinya harus mengungsikan keluarganya ke tempat lain karena khawatir terhadap pekerjaan proyek.

"Sejak ada proyek ini, anak-anak dan istri saya ungsikan. Udah 3-4 bulan terakhir," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, insiden crane yang menimpa atap rumah warga itu mengakibatkan tiga orang menjadi korban.

"Menyebabkan bagian atap rumah warga hancur dan menyebabkan tiga orang mengalami luka-luka," kata Kabid Damkar Kota Depok Denny Romulo kepada wartawan, Jumat (15/10).

Adapun tiga korban korban itu bernama Jaidar, Asnel Taher, dan Jasmin Putri Fadilah (14). Ketiga korban telah mendapatkan perawatan medis di RS Mitra Keluarga Depok.

Diketahui, crane yang terguling dan menimpa rumah warga sekitar tersebut terjadi pada Jumat (15/10/2021) pukul 09.00 WIB. Detail lokasi peristiwa crane roboh itu di Perumnas Depok Jaya, Jalan Mawar RT 07 RW 04, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok.

(idn/idn)