Minggu Pagi, Ramai Road Bikers Melintas di Kawasan Sudirman

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 09:20 WIB
Road bikers di kawasan Sudirman-Thamrin
Road bikers di kawasan Sudirman-Thamrin (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, pagi ini ramai didatangi warga untuk berolahraga di masa PPKM level 3. Termasuk para road bikers, yang kini diperkenankan melintas di kawasan ini.

Pantauan di depan Fx Sudirman, Jakarta Pusat, sejak pukul 08.00 WIB, Minggu (17/10/2021), kawasan ini didominasi oleh para pesepeda, baik itu road bikers maupun non-road bikers. Mayoritas dari mereka bersepeda secara berkelompok.

Meskipun begitu, ada pula warga yang joging dan berjalan santai bersama keluarganya. Warga tampak menggunakan masker selama beraktivitas. Hanya, beberapa orang membuka masker selagi beristirahat di trotoar.

Sedangkan pesepeda melintas di jalur sepeda Sudirman-Thamrin. Tak jarang pula pesepeda melintas di luar jalur yang disiapkan, khususnya para road bikers.

Salah satu road bikers bernama Purnawan (59) bersyukur karena polisi mengizinkan mereka gowes lagi. Dia kerap melintas di jalanan Ibu Kota selama akhir pekan.

"Pendapat saya baik-baik saja, karena kita mau berolahraga, jadi ada wadah dan tempat, khususnya untuk menyalurkan hobi," kata Purnawan saat ditemui di depan Fx Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (17/10/2021).

Purnawan mengaku kesulitan mengakses jalur sepeda saat PPKM di Ibu Kota diperketat, sehingga dia memilih gowes di luar kota sebagai alternatif.

"Iya, sulit. Saya jadi larinya nggak ke kota, tapi ke daerah. Rumah di Priok, kadang (gowes) ke Cikampek, ke Pakis, ke Bogor, Puncak," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Ditlantas Polda Metro Jaya memberi lampu hijau kegiatan bike to sport para road bikers. Mulai hari ini kegiatan itu akan diuji coba kembali di jalanan Jakarta.

"Terkait dengan sepeda, selama ini bike to work sudah diperbolehkan. Mulai besok kita akan uji coba untuk bike to sport juga sudah diperbolehkan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/10).

Uji coba itu menyusul mulai melandainya kondisi COVID-19 di Jakarta. Namun polisi tetap menekankan kepada pesepeda bike to sport untuk tidak menciptakan kerumunan saat kegiatan tersebut diizinkan kembali.

(taa/idn)