Fakultas Perikanan IPB Gelar Festival Ikan Nusantara November 2021

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 16:08 WIB
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB akan menyelenggarakan Festival Ikan Nusantara Tahun 2021 (FINA 2021) yang digelar secara virtual. (dok FINA 2021)
Foto: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB akan menyelenggarakan Festival Ikan Nusantara Tahun 2021 (FINA 2021) yang digelar secara virtual. (dok FINA 2021)
Jakarta -

Himpunan Alumni bersama Civitas Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menyelenggarakan Festival Ikan Nusantara Tahun 2021 (FINA 2021). Acara ini akan digelar secara virtual.

"Rangkaian acara yang dikemas dengan sangat menarik dan tentunya bermanfaat akan menyajikan berbagai info tentang ikan dan segala aspek termasuk berbagai produk turunan diversifikasi olahan ikan yang bisa dilihat melalui website dan virtual exhibition," kata Ketua Pelaksana FINA 2021, Nelly Oswini, Sabtu (16/10/2021).

Acara ini akan diluncurkan pada 9 November 2021. Acara pameran ini peserta para pelaku usaha UMKM hingga perusahaan swasta yang bergerak di bidang perikanan maupun nonperikanan.

Acara ini menargetkan 10.000 peserta. Bagi peserta yang tertarik mengisi booth bisa segera menghubungi panitia.

Rangkaian FINA 2021 meliputi Webinar dan Talkshow tentang gizi ikan dan kaitannya dengan stunting, konsumsi ikan untuk ketahanan pangan, industri udang vaname. Selain itu ada serangkaian lomba dalam rangka memasyarakatkan ikan, lomba cerita anak tentang ikan, lomba cover lagu "Ayo Kita Makan Ikan", lomba video kreasi olahan ikan.

"Jangan sampai ketinggalan rangkaian acara puncak pada tanggal 25 November 2021 akan diadakan kegiatan makan ikan sedunia dengan peserta dari seluruh provinsi dan beberapa mancanegara. Makan ikan sedunia akan dilaksanakan secara virtual melalui Zoom dan YouTube Himpunan Alumni FPIK IPB," katanya.

Nantinya juga ada penyerahan Road Map Ikan 2045 sebagai kontribusi Alumni Fakultas Perikanan IPB dengan mengusulkan rencana strategis untuk meningkatkan angka konsumsi ikan hingga 2045 (100 tahun Indonesia Merdeka) kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan.

FINA 2021 digelar dengan tema "Ikan, Masa Kini dan Masa Depan Kita" diselenggarakan dengan latar belakang Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negeri ini memiliki kurang lebih 17.000 buah pulau dengan luas daratan sekitar 1.922,57 km2 dan luas perairan sekitar 3.257.483 km2.

"Berdasarkan letak geografisnya, Kepulauan Indonesia berada di antara benua Asia dan benua Australia serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian, termasuk dalam bidang perikanan," ucapnya.

"Hal ini bisa dilihat dari tinggi keanekaragaman biota laut di Indonesia. Hingga saat ini, potensi perikanan di Indonesia yang belum digarap secara optimal. Padahal potensi tersebut apabila digarap secara benar akan dapat membawa kesejahteraan bagi nelayan Indonesia pada khususnya dan masyarakat perairan pada umumnya," imbuhnya.

Hasil perikanan yang sangat potensial tersebut belum diimbangi dengan tingkat konsumsi ikan penduduk Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia yang berada di peringkat ke-4 setelah RRC, India, dan Amerika Serikat memiliki tingkat konsumsi ikan yang masih rendah. Padahal ikan sangat baik untuk kesehatan mengandung protein hewan yang lebih tinggi dibandingkan daging ayam dan sapi.

Informasi lebih lanjut mengenai acara ini bisa kunjungi Instagram di @fina_HAC.

(jbr/bar)