Detik-detik Crane Jatuh di Depok, Warga Sempat Dengar Suara Dentuman

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 15:30 WIB
Penampakan Tower Air yang Dirobohkan Crane yang Timpa Rumah Warga di Depok
Lokasi crane jatuh di Depok (Kadek Melda/detikcom)
Depok -

Seorang warga bernama Hendra (39) mendengar suara dentuman saat crane roboh menimpa rumah di Pancoranmas, Depok, Jawa Barat (Jabar). Suara dentuman disebut seperti benda berat yang jatuh.

"(Suara dentuman) kenceng kayak benda berat jatuh aja, bum...," kata Hendra saat ditemui di lokasi, Sabtu (16/10/2021).

Hendra merupakan anak salah satu korban crane roboh. Saat kejadian, dia sedang menjaga warung yang tak jauh dari lokasi.

"Awal mula kejadian kebetulan saya tidak ada di TKP, tapi saya ada di warung saya di perempatan, kira-kira dari sini (lokasi crane roboh) paling 100 meter. Saya jaga warung. Abis anter anak sekolah, saya balik lagi bikin kopi ngelayanin pembeli. Pas baru saya taroh (kopi), masuk ke dalem berapa langkah, bunyi dentuman, bum...," ujarnya.

Setelah mendengar suara dentuman, Hendra bergegas menuju menara air PDAM. Saat itu dia sudah menduga suara dentuman berasal dari menara air yang sedang dirobohkan.

"Kalau masalah getaran ada, tapi kita langsung, nggak mikir gitu, saya langsung, 'Wah, proyek PDAM pasti ada kendala nih'. Dengan ada suara seperti kenceng, pasti ada kendala. Nah, itu saya lari dengan tetangga. Saya inisiatif juga, jadi lari untuk lihat," ujarnya.

Hendra mengungkapkan mengapa dirinya langsung fokus mengarah ke menara PDAM. Sebab, kata Hendra, sebelum insiden crane roboh, reruntuhan menara yang sedang dirobohkan itu jatuh dan bergetar.

"Fokus langsung ke PDAM. Karena sebelum itu pernah kejadian gumpalan potongan reruntuhan bangunan, dilemparkan dari atas ke bawah. Itu dahsyat banget bunyinya, sampai getar," ucapnya.

Lebih lanjut Hendra mengatakan runtuhan puing yang jatuh itu tidak sampai mengenai rumah warga sekitar. Namun getarannya terasa.

"Nggak, (jatuh) di lokasi (menara air) dia sendiri. Getarannya sampai radius beberapa meter," imbuhnya.