Terungkap! Arief Produksi Hoax di Aktual TV Dibantu Penyiar Radio

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 09:36 WIB
Close up of a computer keyboard with word of hoax on the red button
Ilustrasi hoax (Foto: Getty Images/iStockphoto/CreativaImages)
Jakarta -

Arief Zainurrohman ditangkap karena memproduksi konten hoax dan provokasi lewat akun Youtube Aktual TV. Direktur TV swasta di Bondowoso, Jawa Timur ini dibantu tim kreatornya, salah satunya adalah penyiar radio Ahmad Fandi.

"Iya betul, yang bersangkutan (Ahmad Fandi) adalah penyiar di salah satu stasiun radio di Bondowoso, Jawa Timur," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi kepada detikcom, Sabtu (16/10/2021).

Di Aktual TV itu, Ahmad Fandi bertugas sebagai pengisi suara (narator). Ahmad Fandi membacakan naskah pada konten video di Youtube Aktual TV sesuai yang dibuat oleh Arief.

"Jadi dia tugasnya hanya mengisi suara, sedangkan yang membuat naskah itu ya tersangka AZ itu," imbuh Hengki.

Selain sebagai penyiar radio, Ahmad Fandi juga bekerja freelance sebagai master of ceremony (MC).

"Sampingannya nge-MC juga AF ini," ucapnya.

Arief Zainurrohman Dibantu Tim Kreator

Seperti diketahui, polisi juga menangkap 2 pelaku lainnya yakni Muzzamil (M) dan Ahmad Fandi (AF). Keduanya adalah tim kreator yang membantu Arief Zainurrohman dalam memproduksi konten hoax.

"Yang kedua adalah M, ini adalah pengelola channel yang melakukan editing, meng-upload dan konten kreator Aktual TV ini," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, dalam jumpa pers, Jumat (15/10) kemarin.

Selanjutnya, tersangka Ahmad Fandi merupakan pengisi suara (narator) di Aktual TV. Sedangkan Arief sendiri adalah pemilik sekaligus pembuat ide dalam membuat konten yang akan dimuat di akun YouTube-nya itu.

"AZ sendiri, ini dia pemilik channel 'Aktual TV' ini, dia yang buat ide membuat konten mengarahkan dan menyortir hasil editing konten yang akan di-upload di 'Aktual TV'," katanya.


Simak di halaman selanjutnya, Arief produksi hoax demi uang

Saksikan video 'Polisi Tangkap 2 Anak Buah Direktur TV Swasta Pembuat Hoax, Ini Perannya':

[Gambas:Video 20detik]