Round-Up

Bui 200 Bulan Lamanya untuk Pria Aceh Pemerkosa Anak Sendiri

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 20:32 WIB
Ilustrasi Penjara
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/bortn76)
Jakarta -

Seorang pria di Aceh dihukum 200 bulan penjara. Hukuman penjara itu dijatuhkan karena dia terbukti memperkosa anak kandungnya berulang kali.

Pria itu adalah Y (41), asal Simeulue. Y melakukan perbuatan bejat kepada anak kandungnya yang berusia 15 tahun. Vonis 200 bulan penjara itu sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU).

Putusan vonis itu dikutip dari situs Mahkamah Agung, Jumat (15/10/2021). Sementara sidang digelar di Mahkamah Syar'iyah (MS) Sinabang Aceh, Kamis (14/10) kemarin.

Dalam sidang vonis itu, duduk sebagai ketua majelis hakim adalah Muzakir. Sedangkan hakim anggota masing-masing Musad Al Haris Pulungan dan Hanif Rabbani.

Majelis hakim menyatakan terdakwa Y terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Jarimah Pemerkosaan terhadap orang yang memiliki hubungan mahram dengannya sebagaimana diatur dalam Pasal 49 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang hukum jinayat.

"Menjatuhkan uqubat terhadap terdakwa dengan uqubat penjara selama 200 bulan dikurangkan dengan masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa," putus hakim.

"Menetapkan terdakwa tetap berada dalam tahanan," lanjut hakim.