Cerita Damkar Wanita Dampingi Siswi Terimpit Crane selama Evakuasi di Depok

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 19:56 WIB
Depok -

Seorang siswi SMP tertimpa crane di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Selama terjepit besi beton, korban didampingi oleh tim pemadam kebakaran (damkar) wanita.

Tessy Hariyati selaku Kepala Seksi Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mendampingi korban selama proses evakuasi. Proses evakuasi korban dilakukan oleh tim damkar laki-laki, sehingga korban memerlukan ketenangan psikologis.

"Ya tadi memang peran saya di dalam itu insiden commander karena korban itu perempuan dan kita deketin dengan psikologi pendekatan, makanya di ending dia tertidur karena udah nyaman. Selain karena tadi yang evakuasi laki-laki, cuma dia butuh ketenangan psikologis," kata Tessy usai proses evakuasi di lokasi, Jumat (15/10/2021).

Tessy menuturkan korban mau mengikuti semua tutorial penyelamatan yang disampaikan. Bahkan, kata Tessy, korban juga merasa nyaman sampai sempat tertidur.

"Jadi begitu proses kayu dan besi selesai dikeluarkan kawat-kawat yang ada di busa (kasur) dia nyaman keluarkan tangannya sendiri. Dia mengikuti semua tutorial atau perintah yang kita lakukan," tuturnya.

Selama proses evakuasi, terang Tessy, korban merasa tidak nyaman. Kepada Tessy, korban meminta dilap keringatnya hingga ditemani selama proses evakuasi.

"Dia minta ini itu, saya kasih madu, dia udah oke, diminta lapin keringat, kelilipan dia saya layani semua yang dia mau," imbuhnya.

Korban Berhasil Dievakuasi

Korban berhasil dievakuasi pada pukul 14.41 WIB. Korban langsung dimasukkan ke ambulans untuk dilarikan ke rumah sakit.

Kepala Bidang Pengendalian Operasi Damkar Depok Wilman mengatakan proses evakuasi memakan waktu lima jam. Tangan kanan korban terimpit besi beton tower PDAM yang roboh.

"Kurang-lebih lima jam. Kesulitannya karena tangan korban diimpit oleh besi beton, kita potong pelan-pelan," kata Wilman usai mengevakuasi korban di lokasi

Wilman menyampaikan korban dalam kondisi sehat usai dievakuasi. Korban sebutnya juga masih bisa berkomunikasi, hanya bagian tangan dan wajah lecet.

Crane Roboh

Peristiwa crane roboh menimpa dua rumah warga terjadi di Perumnas Depok Jaya Jalan Mawar RT 07 RW 04, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, pukul 09.00 WIB. Crane itu menimpa atap rumah warga hingga menyebabkan 3 orang menjadi korban.

"Menyebabkan bagian atap rumah warga hancur dan menyebabkan 3 orang mengalami luka-luka," ucap Kabid Damkar Kota Depok Denny Romulo, Jumat (15/10/2021).

Denny membeberkan detik-detik crane ini roboh menimpa dua rumah. Menurutnya, saat itu operator crane bernama Heri Mulyanto tengah menurunkan tiang beton PDAM.

"Tiba-tiba posisi crane miring ke sebelah kanan disebabkan jack (penahan crane) amblas dan langsung roboh terguling dan menimpa 2 rumah warga," kata Denny.

(dek/isa)