Aturan Gage Balik Normal, Crowd Free Night Jakarta Masih Berlaku

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 17:16 WIB
Suasana malam jalan yang terlihat sepi di  kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (12/5/2021) malam. Polda Metro Jaya memberlakukan crowd free night untuk mencegah kerumunan takbir keliling di malam Idul Fitri 1442 yang berlaku mulai pukul 22:00 malam ini  untuk mencegah penularan COVID-19.  ANTARA FOTO/ Reno Esnir/hp.
Ilustrasi crowd free night (ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro Jaya mengumumkan ganjil-genap (gage) kembali ke aturan 'normal' yang diterapkan pada pagi dan sore hari. Meski begitu polisi memastikan kebijakan crowd free night (CFN) masih berlaku.

"Untuk crowd free night, karena ini kaitannya dengan protokol kesehatan dan kita masih berada di PPKM level 3, maka crowd free masih berlaku," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Sambodo mengatakan kebijakan crowd free night nantinya masih berfokus dalam penindakan protokol kesehatan warga di malam hari. Kegiatan tersebut untuk menekan mobilitas dan mencegah kerumunan warga di malam hari.

Selain itu, kegiatan tersebut dilakukan dengan merazia tempat-tempat hiburan yang melanggar aturan jam operasional selama PPKM.

"Kami mengimbau tempat hiburan, tempat umum, kafe, dan sebagainya itu silakan buka dengan mengikuti atau mematuhi jam operasional yang ada. Pukul 24.00 WIB itu terakhir. Ya sudah tolong itu dipatuhi," terang Sambodo.

Dia menambahkan sejauh ini tidak ada perubahan titik crowd free night di Jakarta. Sejauh ini 4 titik crowd free night berada di Sudirman-Thamrin, SCBD, kawasan Asia-Afrika dan Kemang.

"Tapi untuk operasi patroli skala besar penertiban tempat-tempat hiburan, kafe, dan sebagainya itu diseluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya," terang Sambodo.

Ganjil-Genap Normal Lagi

Untuk diketahui, jam operasi ganjil-genap kembali ke aturan semula, yakni dua sesi pada pagi dan sore hari. Kebijakan itu mulai diterapkan pekan depan.

"(Diberlakukan) mulai Senin, 18 Oktober," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Jumat (15/10/2021).

Ganjil-genap berlaku tiap Senin-Jumat pada pagi hari pukul 06.00-10.00 dan sore hari pukul 16.00-20.00 WIB. Aturan ini berlaku di tiga lokasi gage, yakni Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, dan Jalan Rasuna Said kawasan Kuningan, Jaksel.

"Masih berlaku di tiga titik," ujar Sambodo.

Diketahui polisi membuat pengaturan 'baru' terkait ganjil-genap di ruas jalan protokol Jakarta. Jika sebelumnya berlaku 16 jam, kini ganjil-genap berlaku 2 sesi pagi dan sore hari.

Simak juga 'Wilayah Ganjil-genap di Jakarta Masih Berlaku-Akan Diperluas':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)