Marzuki Alie Bantah Jhoni Allen Memohon Kembali ke Barisan AHY!

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 14:18 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie mengaku mendapat dukungan dari para kader daerah untuk maju sebagai Caketum pada kongres di Surabaya pada bulan Mei mendatang. Marzuki mengaku mewadahi dukungan para kader dan siap maju sebagai caketum saat dijumpai di kantornya, Rabu (22/4/2015). Rachman Haryanto/detikcom.
Marzuki Alie (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Partai Demokrat (PD), Heru Widodo, mengungkap informasi soal Jhoni Allen Marbun yang memohon agar dikembalikan sebagai kader di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Marzuki Alie membantah informasi tersebut dan menyebut Jhoni Allen hanya membela haknnya di majelis partai (MP) Demokrat.

"Dia itu membela haknya di MP, dan itu bergulir sejak sebelum KLB melalui PN (Pengadilan Negeri). Bukan kepada AHY, tapi kepada MP," kata Marzuki saat dihubungi, Jumat (15/10/2021).

Marzuki mengatakan majelis Partai Demokrat bersifat independen. Karena itu, menurutnya, Jhoni Allen Marbun tidak memohon kepada AHY, melainkan kepada majelis partai.

"MP itu independen, terpisah dari kepengurusan, kecuali dia lakukan kepada AHY. Inilah mereka nggak paham UU Parpol, seolah kekuasaan itu mutlak di Ketum, padahal UU Parpol memisahkan fungsi eksekutif dan yudikatif," katanya.

Lebih lanjut, Marzuki menyebut kalaupun majelis partai memulihkan Jhoni Allen sebagai kader, itu bukan berarti menerima kepengurusan AHY. Menurutnya upaya memulihkan keanggotaan juga hanya sekadar agar KLB bisa sah dilakukan.

"Kalaupun oleh MP dipulihkan sebagai kader bukan berarti menerima kepengurusan AHY. Lah banyak kader yang ikut KLB. Nggak sah ikut KLB kalau dipecat. Makanya di KLB dipulihkan dulu keanggotaannya. Termasuk saya dipulihkan sebagai kader. Masalah JAM (Jhoni Allen Marbun) melakukan sebelum KLB," ujarnya.

Simak juga video 'PD Kubu AHY: Moeldoko Beri Uang-HP untuk Ketua DPC KLB':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.