Penggerebekan Kantor Pinjol di Mana-mana, Ini Daftarnya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 12:26 WIB
Penggerebekan Kantor Pinjol di Mana-mana, Ini Daftarnya
Penggerebekan Kantor Pinjol di Mana-mana, Ini Daftarnya (Khairul Ma'arif/detikcom)
Jakarta -

Penggerebekan kantor pinjol (pinjaman online) oleh polisi kini dilakukan di mana-mana. Penggerebekan ini dilakukan setelah Presiden Joko Widodo menyoroti pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat.

Pernyataan Jokowi itu kemudian ditindaklanjuti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Jenderal Sigit memerintahkan jajarannya untuk bertindak.

"Kejahatan pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah penanganan khusus. Lakukan upaya pemberantasan dengan strategi preemtif, preventif, maupun represif," kata Sigit dalam memberikan pengarahan kepada Polda jajaran melalui video conference di Mabes Polri seperti dalam keterangan tertulis, Selasa (12/10/2021) lalu.

Sejak arahan itu diberikan, sejumlah kantor pinjol yang meresahkan digerebek polisi. Simak ulasannya berikut ini.

Penggerebekan Kantor Pinjol: Ini Daftarnya

Berikut ini sejumlah daftar pinjol yang digerebek Polisi hingga Jumat (15/10);

  1. Pinjol ilegal di Jakarta Barat digerebek pada Kamis (14/10), 56 orang diamankan.
  2. Kantor penagih pinjol di Tangerang digerebek pada Kamis (14/10). Polisi menggerebek PT Indo Tekno Nusantara (ITN). Perusahaan tersebut diketahui membidangi jasa penagih utang pinjol.
  3. Kantor pinjol ilegal di Yogyakarta diamankan polisi. Terdapat 83 orang debt collector ditangkap. Penggerebekan dilakukan setelah ada laporan dari seorang korban bernama Tedy Mulyadi ke Polda Jabar.
  4. Sebanyak 7 kantor pinjol illegal di Jakarta digerebek oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri. 7 orang diamankan dari kantor pinjol ilegal di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Dirtipideksus Bareskrim Brigjen Helmy Santika menyebut tugas para pelaku tersebut adalah sebagai penagih utang dan operator SMS blasting. Dalam penggerebekan tersebut ditemukan barang bukti seperti laptop, CPU, hingga ratusan sim card.


Arahan Presiden Jokowi Terkait Pinjol

Penggerebekan kantor pinjol tersebut berawal dari pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyoroti pinjol. Dia mendengar cerita masyarakat sengsara terjerat pinjol.

Awalnya, Jokowi menyoroti perkembangan digitalisasi dunia keuangan saat membuka acara OJK Virtual Innovation Day 2021. Jokowi lalu berbicara soal pinjol yang diwarnai marak penipuan hingga bunga yang mencekik masyarakat.

"Tetapi pada saat yang sama saya juga memperoleh informasi banyak penipuan dan tindak pidana keuangan telah terjadi. Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online, yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya," kata Jokowi.

Simak video 'Polisi Gerebek Kantor Pinjol Ilegal di Yogyakarta, 86 Orang Diamankan!':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya soal penggerebekan kantor pinjol di halaman selanjutnya.