Round-Up

Penggerebekan Pinjol Ilegal Bikin Karyawannya Angkat Tangan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 08:00 WIB
Momen Polisi Gerebek Kantor Pinjol di Jakarta Barat
Penggerebekan kantor pinjol di Jakarta Barat (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Pihak kepolisian menggerebek kantor fintech peer to peer lending atau pinjol ilegal di beberapa tempat. Salah satunya di Ruko Sedayu Square, Cengkareng, Jakarta Pusat.

Di sana, polisi mengamankan 56 karyawan yang bekerja sebagai bagian penagihan utang dan marketing. Para karyawan yang saat digerebek sedang beraktivitas itu otomatis angkat tangan ketika polisi melakukan penggerebekan.

"Karyawan yang didatangi sebanyak 56 orang. Mereka bagian penawaran pinjaman maupun penagihan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (14/10/2021).

Sejumlah barang bukti pun ikut disita polisi dari lokasi. Barang-barang itu kini telah diamankan di Polres Metro Jakarta Pusat.

Dihubungi terpisah, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Wisnu Wardhana mengatakan pihaknya masih menyelidiki 56 orang yang telah diamankan. Hingga saat ini polisi masih menentukan tersangka dari kasus tersebut.

"Kita mau dalami dulu berapa tersangkanya. 56 yang sekarang diperiksa. Masih terperiksa, masih didalami," ujar Wisnu.

Terancam UU ITE-Perlindungan Konsumen

Lima puluh enam karyawan tersebut saat ini masih diperiksa di Polres Metro Jakarta Pusat. Para pelaku yang terbukti melakukan pidana terancam jeratan UU ITE hingga UU Perlindungan Konsumen.

"Persangkaan pasal mulai tindak pidana ITE dan perlindungan konsumen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 juncto Pasal 45 (b) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP dan/atau Pasal 62 ayat 1 juncto Pasal 8 ayat 1 huruf f juncto Pasal 17 ayat 1 huruf G UU RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP," kata Hengki dalam keterangannya, Kamis (14/10/2021).

Saat ini polisi masih mendalami keterangan 56 karyawan tersebut.

Simak video 'Polisi: Korban Pinjol Ilegal di Tangerang Didatangi-Diancam Gambar Porno':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penggerebekan polisi di kantor collector pinjol di Tangerang