Scan QR Melebihi Radius di PeduliLindungi, Saya Harus Bagaimana?

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 16:16 WIB
Scan QR Melebihi Radius di PeduliLindungi, Saya Harus Bagaimana?
Ilustrasi PeduliLindungi (Dok. detikcom)
Jakarta -

Scan QR melebihi radius di Peduli Lindungi, apa yang harus dilakukan? Permasalahan ini kerap ditemui oleh pengguna PeduliLindungi saat akan check in di suatu lokasi.

Namun masyarakat tidak perlu panik jika mengalami permasalahan tersebut karena hal ini bisa diatasi dengan mudah.

Seperti diketahui, saat ini banyak kegiatan dan lokasi yang mewajibkan pengunjung check in PeduliLindungi terlebih dahulu. Tujuannya adalah mempermudah skrining di tengah pandemi Corona belum berlalu.

PeduliLindungi kini juga sudah terhubung dengan beberapa aplikasi lain. Dengan demikian, masyarakat bisa menggunakan aplikasi seperti Gojek, Grab dan Tokopedia untuk scan QR code saat masuk ke suatu lokasi.

Lalu, bagaimana jika saat melakukan scan QR mendapatkan pesan 'scan QR melebihi radius'? Berikut ini informasinya.

Scan QR Melebihi Radius: Ini Solusinya

Saat hendak masuk ke suatu lokasi, pengunjung harus scan ke QR code yang dipasang. Tapi kadang di aplikasi muncul keterangan 'scan QR melebihi radius'.

Scan QR melebihi radius, artinya sistem mendeteksi lokasi Anda terlalu jauh dari lokasi check-in. Dilansir dari situs Gojek, sebenarnya untuk mengatasi hal ini terbilang cukup mudah.

Anda hanya perlu memastikan bahwa GPS Anda dinyalakan dan akses lokasi telah diberikan kepada fitur ini. Selain itu, pastikan mengecek ke aplikasi berbasis lokasi lainnya, seperti Google Maps, untuk memastikan apakah lokasi Anda telah dideteksi dengan benar oleh handphone Anda.

Setelah mengetahui solusi mengenai permasalahan scan QR melebihi radius, berikut ini cara melakukan scan QR melalui aplikasi Gojek.

Cara Scan QR Melalui Aplikasi Gojek

Diketahui bahwa integrasi aplikasi PeduliLindungi ke dalam aplikasi Gojek dan akan memudahkan upaya kontak tracing. Masyarakat bisa dengan mudah mengakses PeduliLindungi dari aplikasi Gojek dan scan kode QR langsung dari aplikasi Gojek sebelum memasuki tempat umum seperti mall, bioskop, naik kendaraan umum dan lain sebagainya.

Adapun cara melakukan scan QR melalui aplikasi Gojek adalah sebagai berikut:

  1. Klik tombol 'Check in' di halaman utama aplikasi Gojek atau klik banner ini di halaman utama aplikasi Gojek
  2. Aktifkan lokasi dan mulai mengisi data dirimu (nama lengkap dan KTP). Untuk mempersingkat waktu dan menghindari antrean, kamu bisa mulai mengisi data diri sebelum tiba di lokasi.
  3. Baca syarat dan ketentuan lalu tandai setuju untuk lanjut.
  4. Aktifkan kamera dan pindai kode QR sebelum memasuki tempat umum.
  5. Tunjukkan hasil kode scan QR ke penjaga pintu masuk
  6. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan check-out setelah keluar tempat umum tersebut.

Setelah tahu solusi masalah scan QR melebihi radius, mari menyimak manfaat lain aplikasi PeduliLindungi. Cek di halaman selanjutnya ya!