Oca, Putri Mitra Driver Gojek yang Gemar Bikin Cerita & Komik

Khoirul Anam - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 14:00 WIB
Oca anak mitra driver Gojek
Foto: Istimewa
Jakarta -

Mulai menulis cerita dan menggambar pada usia 8 tahun, Bernadet Andrea Rosari yang akrab disapa Oca (12), menerbitkan cerita pertamanya di MangaToon. Ceritanya yang berjudul 'Gadis Kristal' kini telah dikunjungi oleh hampir 15,000 pembaca dan mendapat rating sempurna dalam platform komik dan novel daring tersebut.

Sejak usia 11 tahun, ia mulai suka membaca komik dan menganalisis tekniknya. Ia pun mulai belajar menggambar dan menulis sebuah cerita hingga bermimpi untuk menjadi seorang komikus, seperti Hajime Isayama dan Gege Futami, komikus terkenal asal Jepang, kreator Attack on Titan dan Jujutsu Kaisen.

Bakat Oca yang senang menggambar ini kemudian didukung Andi, selaku sang ayah. Andi merupakan mitra driver Gojek aktif yang memiliki harapan agar anaknya bisa mencapai cita-cita dan menuai sukses kelak.

Andi pun mengikutsertakan Oca dalam program yang digelar Yayasan Anak Bangsa (YABB), yayasan yang diinisiasi Gojek pada 2020 untuk membantu meringankan beban seluruh mitra dalam ekosistem Gojek. Program tersebut bertajuk #BersamaBISA, hingga akhirnya ia menceritakannya kepada Oca dan membimbing Oca untuk mendaftar program tersebut.

Program #BersamaBISA berlangsung dari Juli 2020 hingga Juni 2021 dimaksudkan untuk mengembangkan bakat dan keterampilan ratusan siswa SD, SMP, SMA/SMK di Jabodetabek. Mereka merupakan putra-putri berprestasi dari mitra driver Gojek, namun akibat pandemi COVID-19 ini, mereka terancam putus sekolah karena kondisi kehidupan keluarga yang mengalami kemerosotan ekonomi.

Oca berhasil menjadi peserta program #BersamaBISA terpilih dari ribuan jumlah pendaftar dalam program tersebut.

"Dari program #BersamaBISA aku bisa lebih mengasah minat ku dalam menggambar dan menulis cerita. Para mentor yang merupakan kakak-kakak dari Gojek juga membimbing aku untuk mulai mempersiapkan bekal demi menggapai mimpiku sebagai komikus," papar dia dalam diskusi terbatas bersama talenta YABB, beberapa waktu lalu.

Oca menjelaskan sebelum mengikuti program #BersamBISA, ia masih belum yakin dan meremehkan keterampilan menggambar. Menurut dia, menggambar merupakan pelajaran yang tidak begitu istimewa.

"Setelah mengikuti program YABB aku mulai bisa melangkah lebih maju. Bisa mengatur langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus aku lewati dari nol sampai sekarang dan seterusnya juga," tegasnya.

Siswi yang kini duduk di kelas 7 SMP ini juga tengah fokus untuk menulis cerita baru sambil terus mengasah kemampuan menggambarnya Ia berharap kegemarannya dapat membawa dampak positif bagi industri kreatif Indonesia di masa depan.

Oca anak mitra driver GojekSampul Gadis Kristal karya Oca (Foto: dok. Mangatoon)

Diketahui program yang digelar YABB berfokus di bidang pendidikan dan pembangunan manusia, khususnya mengenai teknologi digital. Masing-masing program dikemas dalam bersamaBisa, bersamaCerdas, dan GenerasiGigih.

Sementara itu, hadir dalam kesempatan yang sama Chairwoman of YABB Monica Oudang mengatakan Chairwoman of YABB Monica Oudang mengatakan, YABB telah melaksanakan berbagai program yang fokus dalam dunia pendidikan dan pengembangan manusia.

Salah satu nya adalah #BersamaBISA yang Oca ikuti. Sementara itu, ada program #BersamaCERDAS yang merupakan program donasi laptop sekaligus dengan konten dan bahan ajar. Hingga GenerasiGigih merupakan program pemagangan untuk membekali talenta teknologi agar mampu beradaptasi terhadap tantangan dan menambah daya saing di kompetisi tenaga kerja.

Program-program tersebut sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045. Adapun kata dia, melalui program tersebut tercapainya Generasi Indonesia Emas sangat memungkinkan.

"Kalau mereka (peserta program) tidak diekspos dan tidak ada yang memberi mereka kesempatan, maka mereka tidak akan tahu. Jadi disinilah peran YABB dan kami melihat bagaimana caranya kita bisa membuka akses. Bagaimana caranya kita bisa memberikan kesempatan yang sama kepada mereka terlepas dari apapun latar belakang mereka," kata dia.

(akn/ega)