Rachel Vennya Kabur Karantina Bakal Dijerat Pidana? Ini Kata Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 13:32 WIB
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya terkonfirmasi kabur dari RSDC Pademangan, Jakarta Utara, saat menjalani karantina kesehatan. Tindakan Rachel Vennya itu diduga melanggar UU Karantina Kesehatan. Lalu, kapan polisi bakal menyelidiki pelanggaran tersebut?

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan mengatakan saat ini kasus Rachel Vennya masih dalam penanganan Satgas Penanganan COVID-19. Dia menyebut pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan pihak Satgas.

"Itu masih dalam penanganan Satgas," kata Guruh kepada detikcom, Kamis (14/10/2021).

Guruh mengatakan saat ini kasus kaburnya Rachel Vennya saat karantina di RSDC Pademangan masih ditangani oleh Satgas. Pihaknya menunggu hasil penyelidikan yang tengah berjalan.

Dia menambahkan, saat penyelidikan Satgas ditemui pelanggaran pidana, polisi baru mulai menyelidiki dugaan pelanggaran pidana Rachel Vennya tersebut.

"Nanti kalau Satgas sudah selesai bekerja, kalau nanti ada pelanggaran pidananya, nanti baru kami proses," katanya.

Selebgram Rachel Vennya terkonfirmasi kabur dari RSDC Pademangan, Jakarta Utara, saat menjalani karantina kesehatan. Rachel Vennya terancam pidana 1 tahun penjara, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan.

Rachel Vennya diduga dibantu oknum TNI berinisial FS untuk kabur dari RSDC Pademangan. Kini Kodam Jaya sedang menyelidikinya.

"Saat ini Pihak Kodam Jaya sedang dalam proses penyelidikan terkait berita kaburnya selebgram Rachel Vennya dari Karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan, pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari hulu sampai ke hilir," kata Kapendam Jaya Kolonel Herwin BS dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10).

Pelanggar karantina terancam hingga satu tahun penjara. Simak di halaman selanjutnya.