Sempat Dievakuasi, Anak Korban Konflik Pekerja-Perusahaan di Riau Dipulangkan

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 10:29 WIB
Anak korban konflik pekerja dengan perusahaan di Riau yang sempat dievakuasi dipulangkan
Anak korban konflik pekerja dengan perusahaan di Riau yang sempat dievakuasi dipulangkan. (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Ratusan anak mantan pekerja korban konflik dengan perusahaan sawit di Kampar, Riau, menemukan titik terang. Ada 103 anak korban konflik dan diungsikan ke Dinas Sosial akhirnya bisa pulang.

Pantauan detikcom, terlihat ratusan anak korban konflik mulai mengemasi seluruh barang bawaan di Dinas Sosial Riau, Jalan Jenderal Sudirman. Mereka memasukkan barang bawaan ke bagasi dua bus yang telah disiapkan.

Ratusan anak dipulangkan setelah adanya pertemuan antara eks pekerja dan perwakilan perusahaan. Kedua pihak dipertemukan di ruang Sekretaris Daerah Riau SF Haryanto dua hari lalu.

"Dua hari lalu kami dipertemukan oleh Sekda Riau. Hasilnya, anak-anak ini dipulangkan lagi ke tempat asalnya," ujar kuasa hukum mantan pekerja, Norma Sari Simangusong, di kantor Dinas Sosial Provinsi Riau, Kamis (14/10/2021).

Pemulangan anak-anak dilakukan setelah terjadi kesepakatan. Salah satunya pihak perusahaan memberikan fasilitas kepada anak dan keluarga mantan pekerja.

"Perusahaan diminta oleh Pak Sekda untuk memfasilitasi tempat tinggal tak jauh dari sekolah mereka. Ini sudah ada tempatnya, disiapkan 15 unit. Kalau kurang, nanti akan ditambah," tegas Norma didampingi Ketua Komnas PA Riau Dewi Arisanty.

Norma mengaku solusi yang diberikan SF Hariyanto sudah tepat. Sebab, anak-anak dan keluarga diberi kesempatan tinggal di daerah tersebut, sehingga aktivitas belajar-mengajar di sekolah juga tidak terganggu.