Round-Up

5 Fakta Kolaborasi Petani-Buruh Bobol Miliaran dari Bank Milik Negara

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 07:42 WIB
Polda Metro tangkap petani yang mebobol Rp 2 miliar rekening bank BUMN
Polda Metro tangkap petani yang mebobol Rp 2 miliar rekening bank BUMN (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi membongkar pembobolan duit nasabah sebuah bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang dilakukan dua orang pria. Kerugian pihak bank mencapai Rp 2 miliar akibat pembobolan tersebut.

Uniknya, aksi pembobolan ini dilakukan oleh petani di Sumatera Utara. Kedua pelaku ini bekerja sama dengan buruh bangunan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan kasus ini terungkap setelah polisi menerima laporan dari pihak bank BUMN. Aksi ini terjadi sejak Juni 2021.

"Kejadian bulan Juni 2021 di kantor pusat bank, di mana para nasabah tidak merasa menarik rekening, tapi rekening nasabah terkuras habis," ujar Yusri dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/10/2021).


Berikut fakta-fakta aksi pembobolan bank BUMN yang dilakukan para tersangka:


Libatkan Petani-Buruh Bangunan

Yusri mengungkapkan komplotan ini berjumlah 4 orang yang merupakan petani dan buruh bangunan. Dua orang petani di Sumatera Utara inisial D dan O ditangkap atas dugaan pembobolan tersebut.

"'Pelaku ini kerjanya sebagai petani, tapi punya keahlian. Jadi mereka serabutan, bahkan ada yang tukang bangunan yang DPO ini," terang Yusri.


Modus Pelaku Ngaku Staf Bank

Yusri mengungkapkan para pelaku beraksi dengan mengawali menelepon korban. Pelaku mengaku sebagai staf karyawan dari pihak bank.

"Modus pengambilalihan beberapa akun nasabah dengan cara melakukan panggilan melalui telepon kepada korban. Tersangka mengaku staf bank," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya