Pemprov Kalteng Suntikkan 500 Dosis Vaksin ke Pelajar-Warga

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 17:09 WIB
Vaksinasi di Kalimantan Tengah.
Foto: dok. Pemprov Kalteng
Jakarta -

Sebanyak 500 dosis vaksin disediakan pada vaksinasi massal di SMP Negeri 1 Pangkalan Lada. Vaksin diberikan kepada pelajar SMP sebanyak 352 orang dan masyarakat umum 148 orang. Untuk jenis vaksin yang digunakan, bagi pelajar yaitu vaksin Pfizer dan masyarakat umum vaksin AstraZeneca.

"Alhamdulilah hari ini tanggal 12 Oktober 2021, kami memantau kegiatan vaksinasi yang juga dihadiri Ketua TP. PKK dan Bupati Kotawaringin Barat serta Unsur Forkopimda. Kami bersama-sama melihat langsung, dan betul-betul ingin memastikan bahwa Kalimantan Tengah diantara 34 Provinsi sudah siap menuju kekebalan kelompok (herd Imunity)," ucap Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021)

Hal itu diungkapkan Sugianto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi pelajar dan masyarakat umum di SMP Negeri 1 Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Selasa (12/10) kemarin. Tinjauan dilakukan untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi di satuan pendidikan, dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas.

Sugianto menargetkan vaksinasi masyarakat Kalteng sudah tuntas bulan November atau paling lambat akhir Desember 2021.

"Untuk vaksin, target 100 persen kita mampu, vaksinator di Kabupaten/Kota siap dan cukup, namun target ini sangat tergantung ketersediaan vaksinnya dari Pemerintah Pusat," imbuh Sugianto.

Ia juga mengatakan Pemprov Kalteng berkomitmen dan konsisten mempercepat vaksinasi COVID-19, apalagi sudah 2 tahun pandemi membuat hidup cemas dan was-was.

"Hanya dengan tekad dan kebersamaan serta upaya bersamalah kita akan mampu menghadapi dan mengakhiri pandemi COVID-19 ini, dan kita harus bangkit untuk merebut dan membayar hari-hari kita yang hilang, untuk kembali hidup normal," tuturnya.

Sugianto mengimbau seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) serta melakukan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya proteksi diri.

"Kita harus tekan terus penyebaran COVID-19 ini, kita putus mata rantai dengan prokes dan vaksin, itu kuncinya," ucapnya.

Sebagai informasi, dalam tinjauan tersebut Sugianto didampingi Ketua TP-PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran.

(prf/ega)