Tugas Megawati di BRIN: Beri Arahan soal Nuklir hingga Luar Angkasa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 13:48 WIB
MPR menggelar sidang tahunan hari ini. Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden terpilih Maruf Amin dan menteri kabinet Jokowi hadir.
Megawati melambaikan tangan ke wartawan, foto diambil sebelum pandemi COVID-19. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Megawati Soekarnoputri akan mengemban tugas sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Berdasarkan peraturan perundang-undangan, Megawati bakal punya tugas memberi arahan soal urusan nuklir hingga perkara luar angkasa!

Tugas Dewan Pengarah, yang segera diemban Megawati juga, sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 78 Tahun 2021 tentang BRIN. Begini tugas Dewan Pengarah, sebagaimana termaktub dalam Pasal 6 Perpres BRIN itu.

"Dewan Pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada Kepala dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenanganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai Pancasila."

Keanehan AntariksaIlustrasi antariksa. (NASA)

Jadi, tugas Megawati selaku Dewan Pengarah nantinya juga bisa saja meliputi masalah-masalah tenaga nuklir dan antariksa. Megawati dilantik di Istana negara pada Rabu (13/10/2021) siang ini.

Megawati sendiri adalah perempuan yang pernah memimpin Indonesia, menjadi presiden ke-5 RI pada 2001 hingga 2004. Perempuan kelahiran 74 tahun silam ini punya sederet gelar.

Terbaru, Megawati mendapat gelar Profesor Kehormatan di Universitas Pertahanan pada 11 Juni lalu. Sebelumnya, Megawati sudah mendapatkan gelar doktor kehormatan atau honoris causa, sembilan kali.

Selanjutnya, sekilas soal pendidikan kuliah Megawati yang tak selesai: