TKW Asal Sulbar Terancam Hukuman Mati di Malaysia, Keluarga Diminta Lapor

Abdy Febriady - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 22:55 WIB
Seorang TKW asal Polewali Mandar, Sulbar terancam hukuman mati di Malaysia. Disnakertrans Polman meminta keluarga TKW melapor agar ada pendampingan. (Abdy F/detikcom)
Foto: Seorang TKW asal Polewali Mandar, Sulbar terancam hukuman mati di Malaysia. Disnakertrans Polman meminta keluarga TKW melapor agar ada pendampingan. (Abdy F/detikcom)
Polewali Mandar -

Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) terancam hukuman mati di Malaysia. Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan ESDM (Disnakertrans) Polman meminta keluarga TKW segera melaporkan masalah ini agar ada pendampingan.

"Saya sarankan kepada pihak keluarga TKW agar segera melapor secara resmi, supaya kita bisa melakukan pendampingan," kata Kepala Disnakertrans Polman, Abdul Salam, saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, Selasa (12/10/2021).

Disnakertrans Polman akan memfasilitasi pihak keluarga, hingga berkoordinasi dengan pihak Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

"Kita akan fasilitasi ketika keluarganya melapor. Kita tetap akan koordinasi dengan BP2MI yang ada di Makassar," ungkapnya.

Selain itu, Abdul Salam juga meminta pihak keluarga TKW memberikan keterangan sejelas-sejelasnya, untuk memudahkan proses penanganan TKW yang tersandung masalah hukum di negeri Jiran itu.

"Mudah-mudahan, insyaallah dengan keterbukaan keluarga TKW, bisa dibantu pihak pemerintah, dalam hal ini BP2MI dan Kementerian Luar Negeri yang akan menangani," ucapnya.

Penjelasan ibu TKW, simak di halaman selanjutnya.