Andre Rosiade & Gerindra Bantu Bangun Rumah Korban Longsor Lubuk Alung

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 09:33 WIB
Bantuan untuk Korban Longsor
Foto: DPD Gerindra Sumbar
Jakarta -

Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade mengirimkan tim memberikan bantuan kepada korban tanah longsor di Korong Tanah Taban, Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman, Kamis (7/10). Bantuan diberikan untuk tiga kepala keluarga (KK) yang rumahnya hancur.

Seperti diketahui, bencana tanah longsor terjadi pada Rabu (29/9) sekitar pukul 19.30 WIB itu mengakibatkan tiga rumah tertimbun, terdiri atas dua rumah permanen dan satu rumah semi permanen. DPD Gerindra Sumbar memberikan tambahan bantuan untuk membangun kembali tiga rumah itu masing-masing R p5 juta.

Bantuan diserahkan DPD Gerindra melalui Sekretaris Gerindra Sumbar Evi Yandri dan Bendahara DPD Gun Sugianto didampingi Ketua DPC Gerindra Padangpariaman Happy Neldy. Para pengurus Gerindra itu langsung menyerahkan bantuan kepada tiga keluarga korban yang akan membangun kembali rumah mereka.

Ketua DPC Gerindra Padangpariaman Happy Neldy menyebutkan bantuan diberikan kepada tiga KK korban longsor, yaitu Kesayangan Nduru, Rosmani dan Minda Suriyanti. Kemungkinan mereka akan mendirikan rumah kembali di lokasi yang sedikit berbeda dengan lokasi longsor.

"Titik longsor ini masih rawan atau tidak stabil kalau dibangun rumah kembali. Mereka bakal mencari titik lain untuk mendirikan rumah kembali," katanya dalam keterangannya, Selasa (12/10/2021).

"Dibutuhkan sekitar Rp 50 juta untuk membangun satu rumah. Gerindra Sumbar sudah bantu Rp 5 juta per KK sebagai langkah awal," imbuhnya mantan anggota DPRD Padangpariaman ini.

Selanjutnya, kata Happy, DPC Gerindra Padangpariaman melalui Fraksi Gerindra DPRD Padangpariaman juga akan membantu agar ketiga KK bisa kembali membangun rumah dibantu oleh Pemkab Padangpariaman, Dinas Sosial, Baznas atau lainnya.

"Insyaallah, korban akan kembali membangun rumahnya dengan bantuan semua pihak," katanya.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade turut berduka atas musibah yang melanda dan mengakibatkan 7 orang meninggal dunia dan 3 orang luka berat itu. Bantuan yang diberikan, katanya, memang belum cukup membangun kembali tiga rumah korban. Namun, itu adalah stimulus sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian Partai Gerindra.

"Kami doakan semoga keluarga yang ditinggalkan tabah, dan kembali bisa membangun rumah. Kami minta DPC Gerindra dan Fraksi Gerindra DPRD Padangpariaman turut mengawal para korban. Karena, Gerindra adalah partai yang sangat peduli terhadap masyarakat, apalagi yang sedang ditimpa musibah," kata anggota DPR RI Komisi VI ini.

Sebagai informasi, penyerahan bantuan dihadiri Wali Korong Tanah Taban Dedek Saputra dan perwakilan Dinas Sosial Padangpariaman.

(ncm/ega)