3 Kelompok Begal Bersajam Diringkus, Salah Satu Pimpinan Masih Remaja

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 16:28 WIB
3 kelompok begal ditangkap polisi
Tiga kelompok begal di Tangerang dan Bekasi ditangkap polisi. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menangkap tiga kelompok pencurian hingga begal bersenjata tajam yang kerap beraksi di Tangerang dan Bekasi. Total ada 11 pelaku yang diamankan dari tiga kelompok tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan kelompok pertama yang diringkusnya berada di Pagedangan, Tangerang. Pimpinan kelompok begal itu, kata Yusri, masih di bawah umur.

"Jadi FM (17) ini adalah kapten atau eksekutor. Dia juga residivis di kasus yang sama. Tapi yang bersangkutan tidak bisa kita hadirkan karena memang.g eksekutor anak di bawah umur," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (11/10/2021).

Kasus ini berawal saat FM bersama rekannya berinisial S melakukan aksi pembegalan di daerah Tangerang pada Senin (4/10). Saat itu korban AH dipepet oleh kedua pelaku.

AH sempat melakukan perlawanan. Namun, FM kemudian membacok korban hingga akhirnya mengambil barang milik korban.

"Pelaku anak di bawah umur ini memang pada saat berhentikan korban, ada perlawanan untuk mempertahankan kendaraannya. Saudara FM ini yang membacok korban," jelas Yusri.

Tiga hari berselang polisi berhasil menangkap FM di daerah Jakarta Barat pada Kamis (7/10). Penangkapan pelaku dilakukan tim di bawah pimpinan Kompol Resa F. Marasabessy, AKP Adam M. Pradana, Iptu Roy Rolando Andarek.

"Para pelaku ini kita jerat dengan Pasal 365 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara," ujar Yusri.

Simak 2 kelompok begal lainnya di halaman berikutnya.

4 Anggota Begal di Bekasi Ditangkap

Selanjutnya, 4 anggota komplotan begal di Bekasi juga berhasil diringkus polisi. Keempatnya diketahui merupakan kelompok begal bersajam yang kerap mengincar pengendara di tempat-tempat sepi.

"Modusnya mereka bersama sama satu atau dua motor ini bergerak mencari tempat sepi melihat situasi korban dan biasanya di tengah malam hari," ujar Yusri.

Kasus ini terungkap saat pelaku melakukan aksi begalnya di daerah Tambun, Bekasi, pada 26 September lalu. Korban diketahui diancam oleh pelaku di lokasi karena melakukan perlawanan.

"Pada saat itu korban coba melakukan perlawanan tetapi diancam dengan celurit sehingga kendaraan dan ponsel korban dibawa kabur pelaku," ungkap Yusri.

Para pelaku berhasil diamankan polisi pada 3 Oktober lalu di daerah Bekasi. Penangkapan pelaku dipimpin oleh Kompol Herman EW Simbolon.

Kasus Begal di Bekasi, Korban Dibacok 3 Kali oleh 5 Pelaku

Kasus pembegalan di daerah Bekasi kembali diungkap polisi. Total ada lima pelaku yang berhasil ditangkap.

Awalnya kelima pelaku itu melakukan aksi begal pada 26 September di daerah Rawa Lumbu, Kota Bekasi. Pelaku membegal seorang pengendara motor inisial FF.

Yusri mengatakan korban FF turut dibacok oleh para pelaku. Korban bahkan sempat dibacok tiga kali oleh pelaku di lokasi.

"Jadi korban pada saat itu mengalami tiga kali bacokan baik punggung, lengan sebelah dan di pundak sebelah kiri," terang Yusri.

Para pelaku ini berhasil ditangkap di bawah pimpinan Kompol Noor Maghantara, AKP Tommy Haryono. Kelima pelaku kini telah ditetapkan tersangka dan ditahan di Polda Metro Jaya.

"Ini yang berhasil kita amankan dan diancam Pasal 3765 KUHP dengan penjara ancaman 9 tahun," pungkas Yusri.

(ygs/maa)