Mumtaz Rais Viral Sumbang Ponpes-Minta Dukungan, Gus Miftah Anggap Pansos

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 12:54 WIB
Jakarta -

Video Ketua DPP PAN Ahmad Mumtaz Rais soal sumbangannya ke ponpes milik Gus Miftah viral di media sosial. Gus Miftah menganggap viralnya video Mumtaz Rais itu sebagai bentuk panjat sosial alias pansos.

Dalam video berdurasi 45 detik yang viral itu, tampak Mumtaz bicara soal sumbangan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji, Sleman, Yogyakarta. Mumtaz Rais mengaitkan sumbangannya dengan dukungan pada Pemilu 2024.

Mumtaz, yang menyebut dirinya Bang Jago, awalnya mendoakan jemaah Kinthiliyah (sebutan untuk jemaah dakwah Gus Miftah). Dia kemudian memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta.

"Bang Jago nggak banyak bicara. Bang Jago langsung aksi, bukan teori. Menyumbang uang tunai sebesar Rp 100 juta untuk semua Kinthiliyah. Mantap," ujar Mumtaz dalam video yang viral di media sosial Twitter, seperti dilihat detikcom, Selasa (5/10/2021).

Mumtaz juga menyinggung soal Pemilu 2024. Dia secara terang-terangan meminta agar jemaah Kinthiliyah mendukungnya.

"Gus, ingat Pemilu 2024. Jangan jual DPR RI dari partai lain. Tunggal, Mumtaz Rais. Jangan Kamto, jangan Kamta, jangan Mbah Badri, jangan Gandung, jangan yang lain-lain," ujar Mumtaz Rais.

"Kalau nggak, saya setop sumbangan ke Ponpes Ora Aji. I Love you full, full Gusku," sambungnya.

Mumtaz Rais kemudian buka suara. Dia mengatakan 'bang jago' viral sudah biasa.

"Terkait ramai-ramai soal video viral itu, sejatinya apa yang dilakukan Bang Jago itu viral, terkait itu atau terkait ini atau terkait sana, terkait sini, yang mana-mana pasti viral, Bang Jago main gitar viral, main drum viral, nangis mendengar kabar bahwa Ketua DPW PAN Papua meninggal viral, pidato pembukaan tanpa teks tanpa teleprompter viral," kata Mumtaz Raiz.

"Kembali ke yang sumbangan tadi, jadi ya begitulah, jadi nyumbang viral, main bola viral, main gitar viral," lanjut dia.

Waketum PAN Viva Yoga menilai Mumtaz dan Gus Miftah sudah sangat dekat seperti adik-kakak. Dia menyebut keduanya juga sering bercanda.

"Hubungan Mumtaz Rais dan Gus Miftah sudah seperti saudara, adik-kakak. Keduanya suka humor, bercanda, berdebat, dan sama-sama memiliki kepedulian terhadap masyarakat," ujarnya.

"Itu ekspresi guyonan atau gojekan Mumtaz dan Gus Miftah yang terasa hot," imbuh Viva.

Gus Miftah menganggap video viral itu sebagai upaya pansos. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.