Dicopot dari Wakil Kepala BSSN, Komjen Dharma Pongrekun Kembali ke Polri

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 10:27 WIB
Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol Dharma Pongrekun (Tim 20detik)
Mantan Wakil Kepala BSSN Komjen Dharma Pongrekun (Tim 20detik)
Jakarta -

Irjen Sutanto resmi dilantik menjadi Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggantikan Komjen Dharma Pongrekun. Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian menyebut pergantian dari Pongrekun kepada Sutanto merupakan hal biasa.

"Pergantian biasa," ujar Hinsa saat dihubungi, Sabtu (9/10/2021).

Hinsa mengatakan Komjen Dharma Pongrekun sudah bertugas di BSSN selama 3 tahun 6 bulan. Komjen Dharma Pongrekun, katanya, dikembalikan ke Mabes Polri.

"Pak Dharma sudah 3 tahun 6 bulan di BSSN dan kembali ke Mabes Polri. Digantikan Irjen Pol Sutanto," katanya.

Hinsa mengaku tidak tahu posisi Dharma Pongrekun di Mabes Polri nantinya. Dia mengatakan Polri yang lebih tahu soal hal tersebut.

"Kami belum tahu. Mungkin Mabes Polri yang tahu," ucap Hinsa.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan dirinya belum mendapat informasi detail mengenai pergantian Komjen Pongrekun dengan Irjen Sutanto. Argo masih melakukan pengecekan.

"Belum (dapat info). Saya cek ya," kata Argo saat dihubungi.

Irjen Sutanto sebelumnya resmi dilantik menjadi Wakil Kepala BSSN RI. Sutanto dilantik menggantikan Komjen Dharma Pongrekun.

Pelantikan itu dilakukan langsung oleh Kepala BSSN Letnan Jendral TNI (Purn) Hinsa Siburian. Pengangkatan dan pelantikan Sutanto sebagai Wakil Kepala BSSN sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 146/TPA Tahun 2021 tanggal 5 Oktober 2021.

"Pada hari ini telah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Kepala BSSN. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pada hari ini juga sekaligus dalam rangka mengisi struktur organisasi baru di lingkungan BSSN serta menyesuaikan dengan pemberlakuan nomenklatur baru dan penetapan kelas jabatannya," ucap Hinsa Siburian saat melantik Sutanto di aula BSSN, Sawangan, Depok, melalui siaran pers BSSN, Jumat (8/10).

Hinsa, atas nama seluruh personel, pun mengucapkan selamat kepada Sutanto. Dia juga meminta Sutanto segera menjalankan tugas membantu Kepala.

"Saudara telah dipercaya oleh pemerintah untuk menjabat sebagai Wakil Kepala BSSN. Melalui tugas, fungsi, dan kewenangan jabatan yang Saudara emban, serta pengalaman kerja yang Saudara miliki selama ini, saya menilai dan meyakini bahwa Saudara akan mampu mendukung Kepala BSSN dalam menjalankan tugas dan fungsi BSSN," tambah Hinsa.

Mendengar permintaan itu, Sutanto pun menjawab siap melaksanakan tugas pada posisi barunya sebagai Wakil Kepala BSSN.

"Bersedia," tegas Sutanto.

Simak juga 'Saat Viral HP Disebut Merusak Sel Tubuh, Ini Penjelasan Wakil Kepala BSSN':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)