Round-Up

Pujian Profesor Singapura ke Jokowi di Mata Koalisi dan Oposisi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 05:39 WIB
Presiden Joko Widodo
Foto: Presiden Jokowi (Dok. Pemprov Bali)
Jakarta -

Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai pujian dari peneliti dan profesor di National University of Singapore, Kishore Mahbubani. Pujian ini ditanggapi secara berbeda oleh partai koalisi dan oposisi.

Sorotan terhadap kejeniusan Jokowi ini ia sampaikan dalam tulisan berjudul 'The Genius of Jokowi'. Tulisan ini tayang pada 6 Oktober 2021 di Project Syndicate, sebuah media nirlaba yang fokus pada isu-isu internasional.

Kishore Mahbubani menyebut Jokowi telah menjadi pemimpin yang layak mendapat pengakuan atas keberhasilannya dalam memimpin. Jokowi, tulis Mahbubani, membuat model pemerintahan yang bisa dipelajari oleh dunia.

"Pada saat bahkan beberapa negara demokrasi kaya memilih penipu sebagai pemimpin politik mereka, keberhasilan Presiden Indonesia Joko Widodo layak mendapat pengakuan dan penghargaan yang lebih luas. 'Jokowi' memberikan model pemerintahan yang baik yang dapat dipelajari oleh seluruh dunia," ujar Kishore Mahbubani dalam tulisannya dilihat, Kamis (7/10).

Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, menyambut pujian tersebut. Fadjroel mengatakan pujian itu disampaikan berdasarkan data.

"Terima kasih atas penilaian yang simpatik dan saintifik berbasiskan data dan bukti bahwa Presiden Joko Widodo bekerja keras untuk mewujudkan secara paralel kesejahteraan rakyat dan demokrasi di Indonesia," kata Fadjroel kepada wartawan, Kamis (7/10).

Fadjroel mengatakan pujian itu juga menegaskan kerja Jokowi untuk kesejahteraan rakyat. Selain itu, kata Fadjroel, kemampuan Jokowi dalam mengelola perbedaan politik menjadi pertimbangan.

"Termasuk kemampuan beliau mengelola perbedaan politik secara dialogis dan demokratis," ujar Fadjroel.

Lihat juga video '10 Negara Investor Terbesar di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]