Kepsek di Babel Minta Maaf, Surat Minta Sumbangan Beli Sepeda Rp 6 juta Batal

Deni Wahyono - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 18:50 WIB
old paper, old letters, background
Ilustrasi Surat (iStock)
Pangkalpinang -

SDN 12 Pangkalpinang buka suara terkait viral foto surat permintaan sumbangan kepada orang tua murid untuk membeli sepeda lipat seharga Rp 6 juta. Kepala sekolah (kepsek) meminta maaf atas surat permintaan sumbangan itu.

"Ya benar (surat permintaan sumbangan membeli sepeda Rp 6 juta)," ujar Kepala SD Negeri 12 Pangkalpinang, Rokibah, saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (8/10/2021).

Rokibah mengatakan surat sumbangan itu sifatnya tidak memaksa orang tua murid. Dia juga mengatakan surat itu sebenarnya belum sampai ke seluruh orang tua murid.

"Maksudnya mengajak wali murid untuk menyumbang dengan sukarela untuk membeli sepeda tanpa paksaan. Tetapi surat yang saya share malamnya, keesokan harinya saya tunda dan belum sempat di-share ke semua kelas," jelasnya.

Dia juga memastikan belum menerima uang terkait surat permintaan sumbangan itu. Rokibah mengatakan ada beberapa orang tua murid yang menyerahkan uang, namun uang itu sudah dikembalikan oleh Rokibah.

"Memang keesokan ada yang nyumbang, terus saya suruh kembalikan lagi ke orang tua murid. Saya juga nggak tahu berapa jumlahnya, sampai sekarang tidak ada se-sen pun yang terkumpul," ucapnya.

Rokibah mengatakan setelah surat permintaan sumbangan itu viral, dia langsung memberikan klarifikasi melalui group WhatsApp yang isinya para orang tua murid. Dalam klarifikasinya itu, dia meminta maaf kepada para orang tua murid atas adanya surat sumbangan itu.

Berikut ini pesan WA klarifikasi Rokibah yang dikirim ke group paguyuban SDN 12 Pangkalpinang:

Assalamu'alaikum wr wb...yang saya hormati bapak ibu wali murid kelas 1 sampai kelas 6, terkait surat edaran yang sudah diterima bapak ibu semua lebih kurang 2 minggu yang lalu tentang sumbangan sukarela untuk membeli sepeda, ditiadakan. Mohon maaf jika ada wali murid yang kurang berkenan, saya mohon agar surat edaran tersebut jangan disalahartikan & dipublikasikan ke media sosial agar tidak terjadi kesalahpahaman. Terima kasih atas pengertiannya🙏🙏wassalamu'alaikum wr wb.

Surat Sumbangan Viral di Medsos

Sebelumnya, Foto surat permintaan sumbangan dari kepala sekolah (kepsek) di Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), kepada orang tua murid untuk membeli sepeda lipat Rp 6 juta viral. Dinas Pendidikan Pangkalpinang buka suara.

Dilihat detikcom, Kamis (7/10), dalam foto surat viral itu terlihat permintaan pembelian sepeda lipat Rp 6 juta dengan alasan peringatan hari jadi Kota Pangkalpinang ke-264 dan mendukung program Wali Kota Pangkalpinang.

"Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pangkalpinang yang ke-264, Walikota mempunyai program 'Menuju Pangkalpinang Sehat' untuk membeli sepeda lipat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang yang disebarkan ke seluruh sekolah dari SD-SM se-Pangkalpinang, harga sepeda tersebut Rp 6.000.000 (enam juta rupiah). Saya selaku Kepala Sekolah mohon bantuan dan dukungan dari Bapak/Ibu wali murid kelas I-VI SD Negeri 12 Pangkalpinang melalui paguyuban kelas masing-masing untuk memberikan sumbangan secara sukarela demi terlaksananya program ini," demikian tertulis dalam surat permintaan sumbangan yang viral itu.

Lihat juga video 'Ini 3 Dus Surat Permintaan Sumbangan Gubernur Sumbar yang Disita Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)