Rizky Billar Diam-diam Laporkan Netizen, Lesti Kejora Ikut Diperiksa

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 15:42 WIB
Rizky Billar dan Lesti Kejora
Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Instagram/@aldiphoto)
Jakarta -

Artis Rizky Billar diam-diam melaporkan sebuah akun Instagram yang diduga mencemarkan nama baiknya. Sejumlah bukti pun telah diserahkan pelapor dan diselidiki kepolisian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya pun telah memeriksa Rizky Billar selaku pelapor. Selain itu dua orang saksi termasuk istri Rizky Billar, Lesti Kejora, pun telah diperiksa.

"Ada beberapa barang bukti. Yang bersangkutan, pelapor sudah kita lakukan pemeriksaan. Karena ini masih dalam tahap penyelidikan kemudian ada saksi, di sini saudari L dan saudara AR dengan membawa bukti bukti screenshot akun tersebut," kata Yusri saat dihubungi, Jumat (8/10/2021).

Yusri menyebut laporan dari Rizky Billar telah dilayangkan ke Polda Metro Jaya pada 27 Juli 2021. Laporan itu berawal dari adanya sebuah akun yang mengunggah foto Rizky Billar dan mencantumkan tulisan yang dianggap menghina pelapor.

"Akun ini yang memposting foto terlapor dan memuat satu tulisan yang isinya bahwa pelapor ini dicemarkan nama baiknya," ujar Yusri.

Yusri mengatakan Rizky Billar melaporkan kasus tersebut atas dugaan tindak pidana di Pasal 27 ayat 3 Juncto Pasal 45 ayat 3 UU Nomor 9 tahun 2016 tentang ITE.

Lebih lanjut Yusri mengatakan hingga saat ini terlapor masih dalam penyelidikan. Dia pun menyebut akun terlapor sudah dalam status tidak aktif.

"Penyelidik masih melakukan pendalaman karena yang terlapornya adalah akun. Memang ada sedikit terkendala karena akun ini sudah mati. Tapi kita terus melakukan profiling terhadap akun tersebut," terang Yusri.

Dia menambahkan, meski akun terlapor telah tidak aktif, namun hal itu tidak menyurutkan proses penyelidikan. Yusri memastikan jejak digital terlapor tidak akan pernah hilang.

"Jejak digital tidak akan pernah hilang kami akan terus menjalani. Mudah-mudahan secepatnya kita bisa menemukan pemilik daripada akun ini karena ini sebagai terlapor," pungkas Yusri.

Simak juga video 'Pelapor: Lesti-Billar Jangan Minta Pendapat Nikah Siri ke Ustaz TV':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)