Pengendalian Air Tanah, Wagub DKI Ingatkan Hotel-Mal Beralih ke PAM

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 18:59 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Ahmad Riza Patria (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan agar pengelola bangunan, seperti perkantoran, perhotelan, hingga mal beralih menggunakan air PAM. Menurut Riza, hal ini sebagai bentuk dari pengendalian penggunaan air tanah.

"Pemerintah pusat, PUPR dan Pemprov DKI Jakarta terus mengupayakan sumber-sumber baru terkait air bersih agar masyarakat, khususnya hotel, perkantoran, mal, pabrik, dan lain-lain tidak menggunakan air tanah. Kita menggunakan air bersih dari PAM, sehingga tak mengakibatkan turunnya air tanah," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (7/10/2021).

Politikus Gerindra itu meyakini upaya ini dapat mengurangi laju penurunan muka tanah di Jakarta. Riza juga memastikan pengendalian air tanah akan diiringi oleh penambahan sumber-sumber air di Ibu Kota.

"Ke depan kita harapkan menggunakan air bersih dari PAM, sehingga tak menyebabkan turunnya muka tanah," ujarnya.

Ahmad Riza Patria sebelumnya meminta warganya tetap menjaga dan menghemat air meski Jakarta bukan padang pasir. Riza menyebut penghematan terhadap air tanah merupakan salah satu cara untuk menjaga lingkungan sekitar.

"Kita minta ke semua warga Jakarta untuk menghemat penggunaan air. harus dijaga air, sekalipun kita bukan di Timur Tengah, padang pasir yang sulit air, tapi tetap kita harus menjaga lingkungan kita, salah satunya adalah memastikan kebutuhan air bersih agar dihemat dijaga," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (5/10).

Riza menambahkan, penggunaan air tanah di Jakarta perlu ada pengendalian. Dia menegaskan saat ini tidak ada larangan penggunaan air tanah.

"Perlu ada pengendalian (air tanah). Tidak ada larangan. Semuanya diatur kebutuhan air tanah, agar semuanya bisa memenuhi. Juga hotel apartemen perkantoran juga harus diatur kebutuhan air tanahnya juga masyarakat umumnya. Kita minta bisa menghemat kebutuhan air bersih," ujarnya.

Lihat juga video 'Eksotisme Pantai Karapyak yang Punya Gradasi Warna Air Laut':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)