Mati Lampu Jakarta Barat Gegara Gardu PLN Terbakar, Ini Fakta Terbarunya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 13:06 WIB
Jakarta -

Mati lampu Jakarta Barat terjadi pagi tadi sekitar pukul 07.20 WIB. Dilansir dari akun Twitter Damkar DKI Jakarta, mati lampu Jakarta Barat terjadi karena kebakaran gardu PLN di Kebon Jeruk.

Dari mati lampu Jakarta Barat, bagaimana kondisi hingga fakta terbarunya? detikcom sudah merangkumnya di bawah ini.

Mati Lampu Jakarta Barat: Ini Sebabnya

Mengutip akun Twitter Damkar DKI Jakarta dan BPBD DKI Jakarta, mati lampu Jakarta Barat terjadi di Jalan Gili Sempeng RT 15/5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Padamnya listrik disinyalir karena gardu PLN yang terbakar pagi tadi sekitar pukul 07.20 WIB.

Hingga pukul 08.09 WIB, pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api. Untuk menanggulangi kebakaran yang menyebabkan mati lampu Jakarta Barat, pagi tadi ada delapan unit mobil dan 40 petugas yang dikerahkan ke lokasi.

Mati Lampu Jakarta Barat: Api Dipadamkan Usai 3 Jam

PLN buka suara terkait kebakaran yang menyebabkan mati lampu Jakarta Barat. General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan menyebutkan gardu PLN yang terbakar dapat dipulihkan dalam waktu 3 jam ke depan.

"Semoga seluruhnya dapat dipulihkan dalam 3 jam ke depan," kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan melalui keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021).

Dia juga memastikan, tidak ada gardu PLN lainnya yang ikut terganggu. Artinya, hanya gardu PLN Kebon Jeruk saja yang mengalami gangguan dan mengakibatkan mati lampu Jakarta Barat.

"Tidak ada gardu induk lain yang terganggu," tegasnya.

Mati Lampu Jakarta Barat: PLN Selidiki Penyebab Kebakaran

Kebakaran gardu PLN yang menyebabkan mati lampu Jakarta Barat masih diselidiki oleh PLN. Pihak PLN pun meminta maaf karena gangguan yang menyebabkan beberapa wilayah ikut terimbas.

Doddy menyatakan, sejauh ini ada tiga hal yang sudah diupayakan untuk menyelidiki kasus tersebut. Pertama, PLN melakukan pemadaman, kedua PLN melakukan pengamanan yang tidak terdampak langsung, serta yang ketiga PLN melakukan pemulihan pasokan listrik bagi pelanggan yang terdampak. Hal ini dilakukan PLN sejalan dengan imbas gardu yang menyebabkan mati lampu Jakarta Barat.

Mati Lampu Jakarta Barat: Api Berhasil Dipadamkan Pukul 09.00 WIB

Setelah mengirimkan unit mobil dan pemadam kebakaran, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.00 WIB. Mati lampu Jakarta Barat pun sudah diatasi, namun petugas PLN masih melakukan pengecekan di sekitar lokasi kejadian.

Demikian fakta terbaru mengenai mati lampu Jakarta Barat. Mari tunggu informasi selanjutnya dari pihak PLN maupun pihak terkait.

(izt/imk)