Tempat Pengolahan Limbah yang Cemari Sungai Cisadane Ditutup!

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 11:20 WIB
Sungai Cisadane di Tangsel Tercemar Limbah Berwarna Merah
Foto: Screenshot video viral/Istimewa
Tangerang Selatan -

Polres Tangerang Selatan masih menyelidiki pencemaran limbah berwarna merah di Sungai Cisadane, Tangerang Selatan. Untuk mempermudah proses penyelidikan, tempat pengolahan limbah di tepi Kali Cisadane itu kini ditutup.

"(Pabrik) sudah tidak beroperasi lagi karena dalam proses penyelidikan," ujar Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan AKP Angga Surya Saputra saat dimintai konfirmasi, Kamis (7/10/2021).

Penutupan pabrik ini dilakukan atas kerja sama dari berbagai pihak, seperti Satpol PP, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, juga pihak kepolisian.

"Jadi kita memang bersama-sama dengan seluruh aparat," kata Angga.

Kini polisi telah memeriksa sejumlah pihak yang diduga terlibat, di antaranya pegawai tempat pengolahan limbah yang diduga mencemari Kali Cisadane.

Angga menjelaskan lokasi tersebut menjadi tempat pencucian sampah limbah. Pabrik tersebut mengumpulkan limbah dari beberapa perusahaan.

"Jadi perlu diketahui bahwa TKP itu adalah lokasi tempat pencucian sampah. Jadi mekanismenya dia mengambil dari beberapa pengepul, dari beberapa perusahaan, kemudian dijual lagi," katanya.

"Jadi lapak yang di pinggiran Cisadane itu jasa cuci sampah plastik. Nah, plastiknya itu keterangannya diambil dari pabrik makanan," tambahnya.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya