BP3IP Kemenhub & Pelabuhan Tanjung Priok Kerja Sama Pengembangan SDM

Eqqi Syahputra - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 21:26 WIB
Kerja Sama BP3IP dan Pelabuhan
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) BPSDMP Kemenhub dan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok menandatangani perjanjian kerja sama penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Kerja sama itu dalam rangka pengembangan manusia di bidang transportasi laut.

BP3IP dan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok bersama-sama merumuskan metodologi dan materi pembelajaran secara komprehensif sebagai dasar Pendidikan dan Pelatihan untuk mencapai standar kompetensi, serta melaksanakan kegiatan akademik maupun nonakademik lainnya dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di bidang transportasi laut.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Wisnu Handoko, berharap bahwa kerja sama yang terjalin dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga menjadi model sinergi dalam hubungan antara penyelenggara diklat dan penyelenggara pelabuhan yang efektif dan saling menguatkan satu sama lain.

"Terkait dengan hal itu pula, maka SDM yang ada pun harus dilakukan pembenahan, salah satunya adalah dengan pengembangan untuk peningkatan hard skill maupun soft skillnya. Prioritas ini termasuk dalam agenda Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok yang harus segera dieksekusi," ujar Wisnu dalam keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Sementara itu, Direktur BP3IP Jakarta, Sugeng Wibowo menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan momentum bagi BP3IP untuk terus meningkatkan pelayanan dalam bentuk pengembangan diklat yang sesuai dengan kebutuhan user yang dalam hal ini adalah pengembangan SDM bidang transportasi laut Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

Menurutnya, Jakarta sebagai salah satu Badan Layanan Umum (BLU) di Kementerian Perhubungan selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dalam penjajakan pasar melalui kerja sama-kerja sama sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat dan stakeholders yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan BLU.

Sebagai informasi, penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur BP3IP Sugeng Wibowo dan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko.

(ncm/ega)