Cegah Tawuran, Polisi Jagakarsa Bakal Catat Pelat Nomor Motor Pelajar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 12:30 WIB
Ilustrasi tawuran
Ilustrasi Tawuran (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Aksi tawuran pelajar di Jakarta akhir-akhir ini marak kembali. Beberapa oknum pelajar tak kapok melakukan tawuran.

Mereka bahkan kucing-kucingan dengan polisi. Meski polisi melakukan patroli, para pelaku seakan-akan mengetahui jam-jam kosong pengawasan polisi.

Pencegahan tawuran sejatinya adalah tugas dan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Polsek Jagakarsa menyiapkan strategi untuk mencegah tawuran tersebut.

"Untuk ke depan kami akan melakukan pendekatan ke sekolah-sekolah. Anak-anak yang bawa kendaraan itu nanti akan kita catat pelat nomornya," ujar Kapolsek Jagakarasa Kompol Endang Sukmawijaya saat dihubungi detikcom, Rabu (6/10/2021).

Endang mengatakan tujuan pencatatan data kendaraan para pelajar itu untuk memudahkan polisi dalam proses identifikasi sehingga nantinya jika ditemukan adanya tawuran pelajar atau konvoi pelajar di jalanan, polisi bisa langsung melacaknya.

"Iya nanti kita ketahui, oh ini pelat ini, motor ini yang bawa si A, nanti kita cek," imbuhnya.

Pelajar Diimbau Diantar-Jemput

Namun Endang mengimbau para pelajar agar tidak membawa kendaraan ke sekolah. Endang mengimbau orang tua untuk mengantar-jemput anaknya ke sekolah.

"Tentu harapan kami orang tua bisa antar jemput anaknya ke sekolah, karena bagaimanapun anak-anak ini kan masih di bawah umur, jadi belum boleh bawa kendaraan," katanya.

Dengan diantar-jemput sekolah, dia menilai akan mengurangi interaksi pelajar dengan kelompoknya di jalanan. Anak-anak dalam pengawasan orang tua ketika diantar ke sekolah dan pulang ke sekolah.

Simak tawuran viral di Jalan Lenteng Agung.