Ular Sanca 5 Meter Sembunyi di Saluran Air Rumah Warga Makassar

Reinhard Soplantila - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 04:25 WIB
Makassar -

Seekor ular sanca dengan panjang lima meter ditemukan bersembunyi di saluran air rumah milik warga di kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Petugas animal rescue Makassar, yang berusaha mengevakuasi ular itu mengalami kesulitan lantaran tempat bersembunyi hewan melata ini sulit untuk dijangkau.

"Kalau (kendala) masalah waktu itu cukup kesulitan karena akses medannya sangat sulit untuk mendapat ularnya itu," ujar personil animal rescue Makassar, Hermansyah, pada Rabu (6/10/2021).

Kemunculan ular ini diketahui oleh pemilik rumah di Jalan Topaz, Kecamatan Panakkukang, Makasssar, pada Selasa (5/10) malam. Saat ditemukan, ular itu hendak memangsa seekor kucing di lokasi.

Proses evakuasi ini pun berlangsung hingga kurang lebih dua jam lamanya. Petugas terpaksa membongkar paksa lantai rumah milik warga, untuk menutup akses jalan kabur ular itu dan kemudian mengeluarkannya.

"Untuk yang kami lakukan tutup jalan keluar terus membongkar akses ular yang terlihat, dia (ular) bersembunyi di gorong-gorong. Kalau alat yang kami gunakan memang alat khusus dari dinas pemadam kebakaran untuk mengevakuasi di ruang runtuh untuk membantu proses evakuasi," jelas Hermansyah.

Sementara itu, petugas animal rescue mengkategorikan ular ini berbahaya bagi manusia. Pasalnya dengan ukuran tersebut, ular ini mampu untuk memangsa ternak dan membahayakan jiwa manusia.

"Kalau dikategorikan memang bahaya, kalau untuk ukuran memang sudah bisa. Ukuran (ular) nya kurang lebih lima meter," sebut Hermansyah.

Tonton juga Video: Menjelajah Masjid Sriwijaya yang Katanya Jadi Sarang Ular-Babi

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)