Upaya Kemnaker Genjot Peningkatan Kompetensi ASN Sesuai Kebutuhan

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 20:17 WIB
Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemnaker berupaya mewujudkan SDM Ketenagakerjaan agar dapat memenuhi kebutuhan baik kapasitas maupun kompetensi. Ini juga sekaligus mendukung rencana 9 lompatan besar yang digagas Menaker Ida Fauziyah.

Saat memberikan arahan pada Rakor Penguatan Peran PPSDM Ketenagakerjaan sebagai Leading Sector di Bidang Diklat, Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan untuk membangun Corporate University, PPSDM Ketenagakerjaan harus mampu mengembangkan lingkungan belajar dengan meningkatkan jumlah ASN yang mengikuti pendidikan dan pelatihan melalui program Learning Management System (LMS) dan Knowledge Management System (KMS).

"Perlunya peran seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan kompetensi ASN yang sesuai dengan kebutuhan," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Senin (5/10/2021).

Anwar mengatakan dalam penguatan peran PPSDM Ketenagakerjaan ini diperlukan regulasi serta dukungan dari Kemnaker agar terjadi kolaborasi pelaksanaan diklat ASN dengan Unit Teknis dan lembaga yang terakreditasi oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN).

"PPSDM Ketenagakerjaan memerlukan dukungan teknis dan koordinasi dalam melaksanakan diklat ASN Ketenagakerjaan," ucapnya.

Ia juga mengatakan berbagai capaian diperoleh PPSDM Ketenagakerjaan pada bulan September 2021 ini dengan memperoleh predikat Akreditasi "A" dari LAN untuk diklat Latihan Dasar (Latsar) CPNS, Diklat Kepemimpinan Pengawas (PKP), Diklat Kepemimpinan Administrator (PKA) serta Diklat Fungsional Ketenagakerjaan yang telah melaksanakan 4 Jabatan Fungsional Ketenagakerjaan.

"Ke depannya PPSDM Ketenagakerjaan merencanakan diklat berjenjang dari tingkat pertama sampai utama untuk 5 jabatan fungsional ketenagakerjaan," kata Anwar.

Lebih lanjut menurut Anwar Sanusi, Menaker Ida Fauziyah juga menginginkan PPSDM bisa melakukan pengembangan kompetensi ASN non-ketenagakerjaan melalui kerja sama dengan lembaga yang ada di pusat dan daerah.

Lihat juga video 'Kemnaker Beri Modal Usaha Bagi Tenaga Kerja Mandiri Mojokerto':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)