HUT Ke-76 TNI, Pesawat Tempur Atraksi di Langit Istana Merdeka

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 09:46 WIB
Jakarta -

TNI menggelar upacara perayaan HUT ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam perayaan HUT ini, ditampilkan atraksi dari pesawat tempur TNI yang melintas di atas langit istana.

Pantauan detikcom, Selasa (5/10/2021), sebanyak 16 pesawat tempur TNI melakukan atraksi. Selain itu, ada delapan helikopter.

Parade udara dari TNI diawali oleh delapan helikopter TNI dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) adan Angkatan Udara (AhU), dengan flight leader Letkol Pnb Akhmad Mauludin Mulyono.

Kedelapan helikopter itu tampak membawa bendera merah putih dan bendera tiga matra TNI berukuran besar pada ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut.

Atraksi pesawat tempur di langit Istana MerdekaAtraksi helikopter dan pesawat tempur di langit Istana Merdeka. (Farih Maulana/detikcom)

Tak berselang lama, pesawat-pesawat tempur TNI menyusul melintas dengan melaksanakan formasi 'arrow head' dan manuver 'bomb burst' di atas langit Istana Merdeka. Pesawat tempur TNI melintas dengan tiga gelombang.

Gelombang pertama dengan kode Golden Flight melintas enam pesawat tempur T-50i Golden Eagle, dengan flight leader Letkol Pnb Dharma T. Gultom. Dari atas, pesawat tempur Dharma mengucapkan selamat HUT ke-76 TNI.

"Selamat ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia, bersatu berjuang, kita pasti menang," kata Dharma dari atas pesawat tempur.

Lalu disusul gelombang kedua enam pesawat F-16 dengan kode Falcon Flight dengan flight leader Letkol Pnb Agus 'Wolverine' Dwi Aryanto dan gelombang ketiga, 4 pesawat tempur SU-27/30 dengan kode Bajra Flight dengan flight leader Letkol Pnb Bambang 'Stinger' Baskoro.