Pemkot Cilegon Dapat Bantuan Rp 17 Miliar untuk Penanganan Banjir

M Iqbal - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 18:27 WIB
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Sebanyak 12 titik banjir di 2 kecamatan di Cilegon mulai dibenahi. Pengerjaannya ditargetkan rampung pada awal Desember 2021.

Dua kecamatan yang langganan banjir adalah Citangkil dan Cilegon. Banjir biasanya merendam jalan raya Cilegon-Anyer hingga tak bisa dilalui kendaraan.

"Ada 12 titik (banjir) memang keterkaitan industri, sering banget di daerah Citangkil-Ciwandan sering terjadi banjir," kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian kepada wartawan, Senin (4/10/2021).

Pembenahan titik banjir itu membongkar jalan nasional dengan memperlebar gorong-gorong dan perbaikan saluran air. Di daerah itu, laju aliran air ke laut sering terhalang industri.

Proyek perbaikan saluran air itu, kata Helldy, bantuan dari pemerintah pusat yang nilainya mencapai Rp 17 miliar. Pemkot tak mengeluarkan APBD dalam penanganan banjir tersebut.

"Ini salah satu bantuan daripada balai (jalan nasional) ke Pemkot dan supporting dari KSI juga bahwa kita nggak bisa sendirian dan kita kerja sama. Ini dananya bukan dari dana APBD, yang awalnya Rp 24 miliar tapi setelah lelang dan sebagainya terakhir Rp 17 miliar," kata dia.

Helldy mengatakan pihaknya masih punya pekerjaan rumah yang belum terselesaikan soal banjir. Wilayah Merak jadi langganan banjir saat musim hujan datang.

"Permasalahan kami terberat juga ada di Merak, hujan sedikit langsung banjir. 124 titik banjir yang notabene kecil tapi ini kan lama-lama besar di 8 kecamatan," kata dia.

Lihat juga video 'Polres Gorontalo Terendam Banjir, Tahanan Dievakuasi':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)