detikcom Do Your Magic

Duh! Tak Ada Penyediaan Shelter Ojol di Penataan Stasiun Manggarai

Athika Rahma - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 16:23 WIB
Tempat yang disediakan Dishub DKI sebagai lokasi pengendapan ojol dan ojek konvensional di Stasiun Manggarai. 29 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Tempat yang disediakan Dishub DKI sebagai lokasi pengendapan ojol dan ojek konvensional di Stasiun Manggarai. 29 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Untuk mengatasi masalah penyempitan jalan akibat penjemputan ojek online (ojol) yang biasa terjadi di Stasiun Manggarai saat jam sibuk, penataan Stasiun Manggarai yang baru akan menyediakan lokasi khusus. Lokasi itu bukan shelter ojol, melainkan lokasi pengendapan ojol.

"Betul, untuk lokasi ojol memang hanya lokasi pengendapan saja, bersebelahan dengan halte TJ dan lokasi pengendapan Bajaj," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptari kepada detikcom, Rabu (29/9/2021).

Rudy melanjutkan, jalur ojol ini berbeda dengan Stasiun Sudirman, yang memiliki shelter ojol. Shelter Stasiun Sudirman berada di sebelah kiri tepat di samping stasiun, ditandai dengan adanya spanduk kuning bertulisan 'POSKO OJEK ONLINE TANGGUH JAYA'. Shelter ini berada di jalan mengarah ke Menteng, Jakarta Pusat.

"Betul, tidak ada shelter khusus seperti halte," kata Rudy.

Tempat yang disediakan Dishub DKI sebagai lokasi pengendapan ojol dan ojek konvensional di Stasiun Manggarai. 29 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)Tempat yang disediakan Dishub DKI sebagai lokasi pengendapan ojol dan ojek konvensional di Stasiun Manggarai. 29 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Apakah ini solutif untuk masalah ojol yang menunggu penumpang di bahu jalan? Ojol yang menunggu di bahu jalan kerap membuat macet kawasan jalan dekat Stasiun Manggarai.

Sebelumnya, Rudy sempat menyebutkan pihaknya tengah menggarap shelter ojol. Lokasi yang disebutkan sama dengan lokasi jalur ojol tersebut sekarang.

"Shelter ojek online akan ditempatkan di halte integrasi timur berdekatan dengan halte TransJakarta timur dan area Bajaj," katanya, Rabu (22/9) lalu.

Diketahui, sebelum kawasan Stasiun Manggarai ini ditata, sebagian bahu jalan di dekat pintu masuk Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, dijadikan tempat mangkal para ojol.

Bahu jalan, yang merupakan jalan satu arah menuju Jl Tambak atau Menteng, hanya bisa dilewati satu mobil akibat bahu jalan menyempit karena dijadikan tempat parkir sepeda motor ojol.

Kondisi ojol mangkal atau ngetem di Jl Manggarai Utara 1 depan Stasiun Manggarai, Jaksel, 24 Mei 2021, pagi. (Wilda HN/detikcom)Kondisi ojol mangkal atau ngetem di Jl Manggarai Utara 1 depan Stasiun Manggarai, Jaksel, 24 Mei 2021, pagi. (Wilda HN/detikcom)

Salah satu pengguna KRL, Adhi, mengaku adanya pangkalan ojol di bahu jalan cukup mengganggu. Kondisi semakin parah saat pagi hari.

"Kalau pagi hari, kondisi ini lebih ramai lagi ketimbang siang hari seperti sekarang. Saat pagi di hari kerja, sepeda motor ojol parkir sepanjang jalan ini, sampai sekitar 20 meter, antara menunggu orderan atau tinggal menjemput penumpang. Belum lagi ada ojek pangkalan di depannya dan Bajaj," kata Adhi.

(dnu/dnu)