Kapolri ke Jajaran TNI-Polri: Keberhasilan PON Bawa Kehormatan Bangsa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 14:31 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin apel kesiapan akhir pengamanan pelaksanaan PON XX di Papua. Kapolri meminta para personel TNI-Polri yang bertugas harus melaksanakan tugas dengan baik karena kelancaran PON XX Papua berada di pundak jajarannya.

"Sekali lagi saya ingatkan pelaksanaan kelancaran seluruh rangkaian kegiatan PON XX berada di pundak kita semua, berada di pundak kalian semua. Artinya, apabila penyelenggaraan PON aman dan sukses, ini prestasi rekan-rekan semua. Sebaliknya, apabila ada gangguan, kegagalan kita semua," kata Sigit dalam keterangan tertulis, Rabu (29/9/2021).

Mantan Kabareskrim Polri itu menegaskan pelaksanaan PON XX di Papua dapat menjadi kehormatan bangsa di mata dunia. Menurutnya, apabila PON berjalan baik, Indonesia dianggap dunia mampu melaksanakan event besar di tengah pandemi COVID-19.

"Apabila PON berjalan baik akan membawa kehormatan bangsa di mata dunia karena kita mampu melaksanakan event besar pada saat pandemi COVID-19 dan ini menjadi perhatian bersama dan ini harus kita selesaikan bersama," ucapnya.

Dalam pelaksanaan pengamanan, Sigit mengingatkan jajarannya akan dua hal. Pertama bagaimana pelaksanaan PON bisa berjalan baik dengan tetap melakukan penegakan aturan terhadap protokol kesehatan (prokes), sehingga laju COVID-19 yang terjadi adanya interaksi dan kerumunan di venue bisa dikendalikan.

"Ketentuan terkait dengan aturan yang boleh menonton di venue 25 persen, sudah divaksinasi dua kali dan pelaksanaan pengecekan prokes, penggunaan masker dan aturan-aturan 3M harus dilaksanakan dan ditegakkan. Oleh karena itu, ini harus terus digelorakan," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: