Sayangkan Insiden di Aceh, Kemenkes Jelaskan Tujuan Vaksin COVID

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 07:15 WIB
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyayangkan insiden sejumlah warga Aceh Barat Daya, Aceh yang mengacak-acak lokasi vaksinasi Corona (COVID-19). Kemenkes menjelaskan vaksinasi untuk kebaikan masyarakat.

"Kita berharap semua masyarakat dapat mendukung upaya kita bersama untuk vaksinasi sebagai salah satu upaya keluar dari pandemi COVID-19," kata Juru Bicara Kemenkes untuk vaksinasi Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi, Selasa (28/9/2021).

Nadia mengatakan salah satu cara untuk menghindari terjadinya kejadian serupa adalah dengan melakukan sosialisasi terlebih dulu. Dia menyebut pemerintah daerah setempat bisa melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat terlebih dulu untuk memberikan pemahaman ke masyarakat.

"Sosialisasi dan edukasi termasuk melibatkan tokoh agama dan masyarakat dapat dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, iya prinsipnya kita edukasi persuasif," ucapnya.

Nadia menyebut sebetulnya reaksi serupa juga seringkali terjadi pada daerah tertentu. Namun demikian, dia yakin dengan kultur masyarakat Indonesia yang bisa memahami dan menerima vaksinasi.

"Iya itu seringkali kondisi pada daerah tertentu ya yang harus dihadapi petugas. Masih bisa dengan pendekatan tokoh agama atau tokoh masyarakat. Ingat kultur orang kita kan sebenarnya bisa menerima," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.