Round-Up

Viani Limardi Melawan PSI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 06:20 WIB
Jakarta -

Heboh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan pemecatan kadernya yang duduk di jajaran anggota DPRD DKI Jakarta, Viani Limardi. Wakil rakyat yang sempat disorot lantaran melawan petugas saat melanggar aturan ganjil-genap pelat nomor kendaraan ini pun melawan partainya.

"Surat pemberhentian pemecatan sudah (diterima) tadi malam jam 9 malam. Akhirnya saya sudah terima," kata Viani kepada wartawan, Selasa (28/9/2021).

Ada beberapa poin alasan PSI memecat Viani, salah satunya yang dibantah habis-habisan adalah soal penggelembungan dana reses. Viani merasa difitnah.

"Tidak ada sama sekali saya melakukan penggelembungan dana reses, itu fitnah yang sangat busuk dan bertujuan membunuh karakter saya," ujar Viani.

Anggota Komisi D DPRD DKI inipun menjelaskan total dana reses Rp 302 juta untuk 16 titik. Viani mengatakan dana itu untuk Maret 2021 dan sudah tuntas.

"Bahkan ada sisa dana reses sebesar kurang-lebih Rp 70 juta dikembalikan ke DPRD. Dan tidak hanya pada Maret 2021 saja, hampir di setiap kali masa reses, saya mengembalikan sisa anggaran reses yang tidak terpakai. Silakan dicek ke DPRD dan BPK. Lalu di mana penggelembungannya?" kata Viani.

Perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu mengancam akan menggugat partai yang mengantarkannya ke kursi dewan. Tak tanggung-tanggung, Viani akan menggugat PSI dengan ganti rugi sebesar Rp 1 triliun.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: