Jelang Pembukaan PON XX Papua, Kapolri Pastikan Pengamanan Berjalan Baik

Wilpret Siagian - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 23:02 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan pengamanan untuk acara pembukaan dan penutupan PON ke-XX di Papua, yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan pengamanan untuk acara pembukaan dan penutupan PON ke-XX di Papua, yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo. (Dok. Polri)
Jayapura -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek pengamanan menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua. Kapolri hendak memastikan pengamanan berjalan baik.

"Jadi baru saja kami melaksanakan rangkaian kegiatan gladi dan persiapan pengamanan yang dilaksanakan untuk pengamanan di venue maupun pembukaan yang dilakukan Bapak Presiden dan penutupan," kata Sigit di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021).

Sigit memastikan kesiapsiagaan aparat mulai dari Ring I hingga IV saat pembukaan dan penutupan PON ke-XX. Pengecekan rangkaian pengamanan dilakukan di sejumlah lokasi.

"Tentunya kami harapkan dengan adanya personel pengamanan yang sudah masuk dari mulai ring 1 sampai 4 diharapkan seluruh kegiatan pengaman PON berjalan aman, lancar dan baik," ujar Sigit.

Sigit kemudian mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan masyarakat setempat. Salah satunya dengan percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (prokes) di tengah pelaksanaan PON ke-XX.

"Kemudian imbauan kami terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan kepada penonton hadir 25 persen kapasitas venue untuk penonton yang hadir telah vaksin 2 kali," papar mantan Kapolda Banten itu.

Dia menyampaikan TNI-Polri membuka gerai vaksin di 4 venue, yang bertujuan mempermudah warga sekitar mengikuti vaksinasi COVID-19. "Sehingga masyarakat selain proses vaksinasi berjalan dengan baik, peluang untuk menonton, karena merupakan persyaratan itu betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik," sambung Sigit.

Sigit mengajak kepada masyarakat memanfaatkan gerai vaksinasi yang ada. Sigit ingin masyarakat Papua mendapat pelayanan kesehatan terbaik.

"Kami imbau untuk masyarakat manfaatkan gerai vaksin TNI-Polri, Dinkes untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Papua," tutur mantan Kadiv Propam Polri ini.

"Begitu juga operasi satgas yang lain terus kami perintahkan mengamankan sehingga pengamanan PON berjalan dengan baik," imbuh dia.

(aud/jbr)