Persiapan PTM, Gubernur Kalteng Blusukan Tinjau Vaksinasi di Daerah

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 22:55 WIB
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran
Foto: Pemprov Kalteng
Palangka Raya -

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan kunjungan ke beberapa wilayah untuk memastikan pencapaian target vaksinasi. Hal ini dalam rangka mempersiapkan Pertemuan Tatap Muka (PTM) di satuan Pendidikan agar bisa segera terlaksana di seluruh kabupaten/kota di Kalimantang Tengah.

Adapun lokasi yang didatangi Sugianto di antaranya Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Kabupaten Sukamara. Selain mengecek pelaksanaan vaksinasi, ia juga memantau pembangunan infrastruktur. Utamanya terkait penyediaan jalan agar dapat mempermudah aksebilitas masyarakat di wilayah Kalimantan Tengah.

"Dengan adanya aksestabilitas yang baik di wilayah Kalimantan Tengah, mobilitas masyarakat menjadi tidak terhambat, kegiatan ekonomi dan bisnis juga dapat dilakukan dengan efisien sehingga akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat akibat peningkatan PAD yang signifikan. Menjadi harapan kita bersama, pemerataan pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi dapat bertumbuh pesat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (28/9/2021).

Menurutnya pandemi COVID-19 memberi dampak cukup besar. Kendati demikian, Sugianto mengajak seluruh masyarakat untuk bisa segera bangkit dengan membawa semangat 'Isen Mulang' (pantang mundur). Selain itu, ia juga meminta kepada Bupati dan Wali Kota untuk memaksimalkan potensi alam di wilayah masing-masing. Dengan begitu diharapkan dapat berdaya guna bagi masyarakat setempat.

"Kalimantan Tengah ini sangat kaya akan sumber daya, kita mengelola dan menggali potensinya. Selanjutnya memeliharanya untuk kelangsungan di masa yang akan datang," ujarnya.

Ia pun menginstruksikan secara khusus bagi wilayah yang memiliki potensi wisata untuk lebih mendapat perhatian. Sugianto berharap lewat berbagai upaya pengembangan sektor wisata dapat berdampak pada sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif.

Sugianto juga mengimbau agar sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif dapat menjangkau stimulus ekonomi yang telah disediakan pemerintah. Hal ini agar dapat mewujudkan target percepatan pemulihan ekonomi di Kalimantan Tengah.

"Para Pelaku UMKM dan Ekraf jangan ragu untuk mengakses perbankan dan fasilitas yang telah disediakan pemerintah. Saya minta Himbara dan Bank Kalteng untuk lebih aktif menggali potensi daerah yang bisa dimaksimalkan dengan berkoordinasi dengan Bupati / Wali Kota di Kalimantan Tengah," tandasnya.

(ega/ega)