Petugas Cek TKP Warga Jambi Diterkam Harimau, Jejak Si Raja Hutan Ditemukan

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 19:22 WIB
photos of a sumatrean tiger
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/DikkyOesin)
Jambi -

Sudah tiga hari warga di Desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi, khawatir setelah seorang warga pendulang emas diterkam harimau hingga tewas. Harimau yang disebut berukuran besar itu hingga kini masih belum ditemukan oleh petugas gabungan yang telah turun ke lokasi.

"Ya, jelas kekhawatiran itu sangat dirasakan oleh warga di sana, karena sampai saat ini harimau yang menyerang warga di Desa Guguk itu belum dapat ditemukan. Namun yang jelas, kita, baik polisi, BKSDA, dan tim TNKS, terus memantau lokasi kawasan itu, dan yang baru kita dapatkan adanya jejak harimau ini," kata Kapolsek Sungai Manau, Iptu Mulyono, kepada detikcom, Selasa (28/9/2021).

Insiden harimau menerkam warga terjadi pada Sabtu (25/9). Kejadian itu kemudian ditelusuri polisi dan tim BKSDA serta TNKS hingga diketahui insiden itu terjadi di kawasan Desa Lubuk Beringin, Kecamatan Muara Siau, Merangin.

"Kalau kejadiannya masuk di wilayah Muara Siau, hanya saja korban yang diserang itu adalah warga Desa Guguk. Kini di antara dua kecamatan itu, warganya pasti merasa khawatir, terutama di Desa Guguk karena jarak lokasinya sangat dekat dengan kejadian," ujar Mulyono.

Saat ini upaya polisi beserta tim untuk mengevakuasi harimau masih terkendala. Nantinya, jika ditemukan, harimau ini akan dibawa ke habitatnya yang jauh dari permukiman warga.

"Kalau beraktivitas warga ya masih beraktivitas, tetapi kita sudah sarankan jika warga lakukan aktivitas di ladang atau di kebun, jangan lakukan di waktu saat hujan gerimis ataupun hujan disertai terik matahari serta waktu-waktu di malam hari, karena itu jam rawan yang mesti dihindari agar tidak ada lagi konflik manusia dan harimau lagi," ujar Mulyono.

Polisi juga berpesan kepada warga untuk tetap terus melapor jika ada kecurigaan yang memasuki kawasan hutan demi menghindari adanya para pelaku pemburuan harimau.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.