Komisi II DPR Bakal Gelar Rapat Bahas Usulan Pemilu 15 Mei

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 17:11 WIB
Ahmad Doli Kurnia.
Ahmad Doli Kurnia (Dok. detikcom)
Jakarta -

Pemerintah mengusulkan agar Pemilu 2024 digelar pada 15 Mei 2024. Komisi II DPR menindaklanjuti usulan itu dengan menggelar rapat bersama tim konsinyering.

"Jadi dalam kaitan itu kami nanti pertama akan dengar langsung, rencana kami tanggal 2 dan 3 akan konsinyering DPR kemudian pemerintah dalam hal ini Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia kepada wartawan, Selasa (28/9/2021).

Nantinya semua pihak terkait akan secara langsung merespons usulan tersebut. Dengan begitu, Doli berharap keputusan terkait pemilu dapat diambil sebelum masa sidang berakhir.

"Sehingga apa yang tadi jadi kajian oleh pemerintah akan langsung bisa direspons dalam konsinyering itu oleh KPU kemudian apa kendala-kendala KPU kalau kita gunakan konsep itu kita cari titik temu, sehingga tanggal 6 kami sudah punya pandangan yang sama untuk mengambil keputusan di komisi II," ujarnya.

Doli mengatakan rapat tersebut juga akan melibatkan Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi. Maka, menurutnya, jadwal yang ditetapkan sesuai dengan penyelesaian sengketa pilkada.

"Kami juga punya rencana setelah ini semua kami ambil keputusan, kami akan lakukan pertemuan dengan lembaga-lembaga yang selama ini terlibat dalam penyelesaian sengketa pemilu pilkada, MA, MK. Kami ingin bersama pemerintah mendapatkan kepastian ada prosedur ada mekanisme yang pasti, punya standar yang jelas tentang penyelesaian sengketa pilkada," ujarnya.

Lebih lanjut, Waketum Golkar ini mengatakan mayoritas fraksi setuju dengan usulan pemerintah. Dengan mempertimbangkan efisiensi dam efektivitas.

"Di dalam rapat kerja kemarin kami sekarang lebih cenderung dengan usulan pemerintah. Dengan pertimbangan tadi itu, satu efisiensi dan efektivitas, yang kedua, ini kan kami akan padatkan jadwalnya. Mungkin kalau dengan ini kami prediksi tahapan dimulai akhir 2022. Itu pun kasih tahapan penyelenggara internal penyelenggara mungkin sekitar September atau Oktober," kata Doli.

Lihat juga video 'Mahfud Md dan Tito Rapat Simulasi Pemilu, Muncul Opsi 24 April 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/dwia)